Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus, Ini Penyebabnya

Liputanberitaku.com —  Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus, Ini Penyebabnya- Salah satu tanda-tanda motor mulai rusak adalah ketika lampu indikator motor menyala dan berkedip terus-menerus. Jika dalam keadaan normal lampu menyala hanya hitungan detik saja, namun apabila ada komponen yang rusak maka lampu tetap menyala.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan lampu indikator ini terus hidup. Hal ini menandakan jika ada masalah yang harus diperbaiki pada motor Anda. Dikutip dari Planet Ban, berikut sejumlah masalah yang terjadi saat lampu indikator terus menyala.

Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus, Ini Penyebabnya

Masalah ECU Motor

Peranti yang satu ini sangat penting pada motor Anda, soalnya di dalam ECU semua fitur mesin injeksi akan dikontrol. Beberapa diantaranya seperti riding mode, bukaan bensin dan campuran udara. Apabila ECU mengalami kerusakan, hal ini bisa merusak seluruh sistem mesin dari motor injeksi.

Saringan Udara yang Kotor

Saringan udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar, komponen ini sering bercampur dengan partikel kotoran dan debu. Alhasil ketika kondisi filter sudah kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor menjadi berat dan tidak stabil.

Masalah pada Pulser

Faktor pertama bisa terjadi karena masalah pada pulser atau pick up coil. Komponen ini berfungsi menentukan waktu pengapian pada CDI atau ECU ke SCR, kemudian memerintahkan SCR untuk membuka kapasitor dan melepaskannya.

Jika pulser dalam kondisi lemah, hal ini akan menyebabkan sepeda motor jadi tersendat seperti kehabisan bensin dan sering kali mogok.

Masalah pada Throttle Position Sensor (TPS)

Penyebab lainnya lampu injeksi motor terus menyala bisa diakibatkan adanya masalah pada Throttle Position. Sensor ini berfungsi membaca besaran bukaan gas dan memberikan sinyal tersebut ke ECU.

Ketika mengalami kerusakan, efeknya putaran mesin menjadi berat dan bahkan tidak bisa idle. Jika terus dibiarkan, TPS yang rusak menyebabkan tarikan motor jadi kurang responsif.

Power Supply ke Fuel Injector Rusak

Kerusakan pada komponen ini bisa disebabkan karena regulator tidak berfungsi dan aki tidak terisi penuh. Tetapi faktor lainnya bisa disebabkan jika terlalu penuh pengisiannya (over charging). Jika indikator menunjukkan kedipan hingga 46 kali maka ini pertanda ada kerusakan pada power supply.

 

 

 

 

 

#artikel-asli