Durian Gundul Khas Lombok, Unik Tanpa Duri dan Bikin Ketagihan

Liputanberitaku.com — Durian Gundul Khas Lombok, Unik Tanpa Duri dan Bikin Ketagihan- Ada banyak hal menarik di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bisa dieksplorasi wisatawan. Selain destinasi, ada kuliner yang nikmat untuk disantap. Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat memiliki keindahan alam yang memesona. Selain itu, kulinernya pun tak kalah menarik.

Di kawasan wisata ini, memiliki buah khas yaitu durian gundul. Jenis durian ini berbeda dengan biasa yang umumnya Anda temui. Buah ini bentuknya menyerupai kelapa, karena tidak memiliki duri sama sekali.

Durian Gundul Khas Lombok, Unik Tanpa Duri dan Bikin Ketagihan

Durian gundul (buah gundulan) berasal dari daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Keunikan buah ini terletak pada buahnya yang tidak memiliki duri seperti buah durian pada umumnya sehingga dapat mempermudah dalam penanganan pasca panen.

Bentuk buahnya sekilas seperti tempurung kelapa, ukurannya sebesar buah melon dengan bobot 800-900 gr. Buah matang mengeluarkan aroma khas durian. Ini memang durian, tapi tanpa duri! Rasa daging buahnya enak dan manis dengan kandungan gula 14 -15 derajat brix.

Ketebalan daging buah 0,5 cm seperti daging buah durian lokal pada umumnya dan berwarna kuning terang dengan produktifitas dapat mencapai 200 – 400 kg/pohon/tahun. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik di dataran rendah sampai sedang dengan ketinggian 250 – 700 meter dpl (di atas permukaan laut).

Sementara itu, dikutip dari YouTube Thosi Channel, dia memperlihatkan durian si gundul. Pemilik channel tersebut mengatakan, bentuknya benar-benar sangat unik.

“Duriannya sangat unik. Unik sekali ini durian, sumpah enggak ada durinya, warna coklat,” katanya. Dia mulai membuka durian si gundul, sehingga saat mengupasnya akan terasa lebih mudah tanpa khawatir tertusuk duri.

“Mantap. Manis, ada pahitnya dikit,” ujarnya. Setelah habis, dia memperlihatkan biji durian si gundul. Bentuknya lebih kecil, namun padat dengan dagingnya yang lembut dan rasanya sangat nikmat.

“Rasanya super enak,” katanya. Mencicipi Lezatnya Chicken Tikka, Kuliner India yang Kaya Rempah Durian si gundul memiliki daya adaptasi yang cukup luas.

Jenis buah ini tumbuh dengan baik di dataran rendah, hingga menengah, sehingga mulai banyak dikembangkan di NTB dan beberapa wilayah Indonesia. bagaimana ? ingin mencobanya?

 

 

 

 

 

#artikel-asli