Gempa Terkini : Malang yang dilanda Gempa Lagi kini Juga Dirasakan Dibagian Wilayah

Liputanberitaku.com– Gempa Bumi terjadi pada hari Selasa tanggal 13 April 2021  terjadi di perairan selatan Malang, Jawa Timur. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatatnya pada tahun 1937 pukul WIB.

Sumber gempa berkekuatan 3,8 Magnitudo itu berlokasi 88 kilometer arah barat daya dari Malang.  kedalaman atau hiposentrum 29 kilometer.

Menurut info BMKG, intensitas gempa dirasakan lemah di Prigi (Kabupaten Trenggalek) pada skala III MMI atau terasa nyata di dalam rumah seakan ada truk melintas.

Intensitas lebih lemah lagi daripada itu terukur di Tempursari (Kabupaten Lumajang) dan Ampelgading (Kabupaten Malang).

Gempa Malang pada malam ini diduga  termasuk susulan dari gempa 6,1 M pada Sabtu siang lalu. Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, lewat akun Twitter hanya mengatakan kalau gempa masih mungkin terjadi di kawasan yang sama tapi kekuatannya diprediksi lemah.

Pada  hari pertama Ramadan 2021, BMKG mencatat gempa dirasakan di di Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada dinihari serta di Palu, Sulawesi Tengah, dan Liwa, Lampung, pada tengah hari. Seluruhnya bersumber di laut kecuali di Liwa dan masing-masing berkekuatan 4,3 M; 3,9 M; dan 4,4 M.
Intensitas terkuat dari ketiga gempa itu bisa dirasakan pada skala III MMI yakni di Liwa dan Palu. Khusus untuk gempa terkini di Liwa adalah yang ketiga yang dicatat BMKG dalam tiga hari belakangan.
#artikel-asli