Ikuti Tips Berikut Agar Tak Kalap Belanja karena Diskon Lebaran

Liputanberitaku.com — Ikuti Tips Berikut Agar Tak Kalap Belanja karena Diskon Lebaran- Godaan diskon di bulan Ramadan memang menggiurkan. Namun, hati-hati kalap hingga Anda belanja berlebihan. Mengingat pandemi yang masih berlangsung, tentu pengeluaran harus lebih bijak. Jangan sampai hanya karena diskon, lalu Anda membeli berbagai barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Yuk simak tips agar tak tergoda diskon Ramadan dan Lebaran

Ikuti Tips Berikut Agar Tak Kalap Belanja karena Diskon Lebaran

Mindset yang tepat

Penting untuk membangun pola pikir atau mindset yang tepat saat berbelanja. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Tentu Anda akan memprioritaskan barang atau jasa yang sedang dibutuhkan untuk melanjutkan hidup. Saat kebutuhan terpenuhi dan masih ada budget, belanja barang yang diinginkan tentu tak jadi soal.

Baca Juga : Tips Menjaga Kelembapan Bibir Selama Puasa Ramadan

Perencanaan budget

Perencanaan anggaran keuangan akan meliputi daftar pengeluaran secara harian. Seiring berjalan waktu, Anda akan melihat pengeluaran secara mingguan, bulanan, dan tahunan. Ini untuk menjaga agar tak ada pengeluaran dana yang melebihi anggaran. Dengan melihat perencanaan anggaran, Anda akan berpikir dua kali untuk membeli barang-barang yang sebenarnya belum diperlukan.

Tunggu hingga tiga hari

Anda disarankan untuk tidak langsung mengeksekusi pembelian. Alih-alih langsung, tunggu dulu selama tiga hari. Mangutip dari Life Hack, tiga hari waktu menunggu jadi kesempatan Anda untuk kembali mempertimbangkan kebutuhan akan barang tersebut.

Punya daftar belanja

Sebaiknya, siapkan daftar belanja sebelum pergi berbelanja. Ini akan menjaga Anda dari pengeluaran berlebih dan menjauhkan diri dari godaan diskon barang-barang di luar daftar. Tetap ingatkan diri Anda untuk membeli barang yang memang masuk di daftar. Cukup buru diskon untuk barang-barang yang memang Anda perlukan dan tertulis dalam daftar.

Baca Juga : Tips Puasa bagi Penderita Diabetes, Tetap Aman Selama Ramadhan

Identifikasi apa yang sudah dimiliki

Mengutip dari South China Morning Post, sebaiknya cek kembali apa yang sudah Anda miliki. Dari sini, Anda bakal tahu apakah barang yang Anda inginkan benar-benar dibutuhkan atau tidak. Perencana keuangan, Lolita Setyawati mengatakan, para ibu kerap belanja berlebihan terlebih untuk urusan isi kulkas. Dia pun menyarankan untuk melakukan audit kulkas.

Menahan diri untuk tidak belanja gara-gara diskon memang cukup sulit. Jika Anda patuh dengan perencanaan anggaran, dana darurat aman, tidak ada utang, maka tak ada salahnya untuk memberikan penghargaan untuk diri sendiri.

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli