Tak Kalah dari Telur Ayam, Telur Puyuh juga Memiliki Manfaat Bagus Bagi Kesehatan

Liputanberitaku.com — Tak Kalah dari Telur Ayam, Telur Puyuh juga Memiliki Manfaat Bagus Bagi Kesehatan- Bicara soal telur puyuh, banyak orang menghindarinya karena dikenal memiliki banyak kalori dan dianggap memicu kolesterol tinggi. Padahal, telur puyuh punya manfaat sehat selama dikonsumsi dalam batas wajar. Tak kalah dari telur ayam, telur puyuh juga lezat disantap dan memiliki manfaat bagus untuk kesehatan.

Selenium dan riboflavin merupakan nutrisi penting. Fungsi keduanya membantu tubuh untuk memecah makanan yang dikonsumsi serta mengubahnya menjadi energi. Selenium juga membantu memastikan fungsi tiroid bekerja dengan baik.

Tak Kalah dari Telur Ayam, Telur Puyuh juga Memiliki Manfaat Bagus Bagi Kesehatan

Lalu, vitamin B12 dan zat besi meningkatkan fungsi sistem saraf yang sehat. Vitamin B12 juga membantu menjaga tingkat energi yang optimal melalui perannya dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, kolin sangat penting untuk membantu tubuh membuat asetilkolin, yaitu neurotransmitter yang mengirimkan pesan dari sistem saraf ke otot.

Baca Juga : Manfaat Buah untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui !

Berikut ini beberapa manfaat telur puyuh bagi kesehatan tubuh Anda:

Membentuk Massa Otot

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, putih telur puyuh bisa memberikan manfaat untuk membentuk massa otot. Hal ini berkat kandungan protein pada telur puyuh. “Selain itu, protein di dalam putih telur puyuh juga sangat baik untuk pembentukan sel-sel tubuh,” jelas dr. Dyah Novita.

Menurunkan Risiko pada Tekanan Darah

Telur Puyuh menurunkan risiko tekanan darah dan penyakit jantung karena ada kandungan kalium di dalamnya. Fungsi kalium mengontrol tekanan darah dan membantu melebarkan pembuluh darah,

Memperbaiki Sel yang Rusak

Telur puyuh kaya nutrisi dan antioksidan untuk meningkatkan kesehatan. Mengonsumsinya dapat membantu memulihkan kerusakan sel pada tubuh.

Terhindar dari Gejala Alergi Makanan

Sebuah penelitian pada tikus yang dipublikasikan dalam situs jurnal ilmiah Nature menemukan, kuning telur puyuh meredakan gejala esofagitis eosinofilik, yaitu kondisi peradangan parah yang disebabkan oleh alergi makanan. Namun, studi tersebut membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait efektivitasnya pada manusia.

Baca Juga : Tips Puasa bagi Penderita Diabetes, Tetap Aman Selama Ramadhan

Menghindarkan Diri dari Bakteri Salmonella

Menurut studi yang diunggah oleh National Library of Medicine, Amerika Serikat, telur puyuh juga sedang dipelajari sebagai pengobatan potensial untuk infeksi Salmonella. Karena, telur ini diketahui mengandung antibodi anti-salmonella yang unik.

Bagus untuk Kesehatan Mata

Di dalam kuning telur puyuh, Anda bisa mendapatkan vitamin A, lutein, dan zinc. Semua nutrisi ini diperlukan untuk kesehatan mata. Lutein menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia. Sementara, vitamin A membantu menjaga kesehatan kornea dan zinc bermanfaat untuk retina. Itulah sederet manfaat makan telur puyuh yang luar biasa. Akan tetapi, Anda tetap tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi telur puyuh agar terhindar dari berbagai risiko kesehatan.

 

 

 

 

 

#artikel-asli