5 Penyebab Sakit Lutut yang Sering Dikeluhkan

Liputanberitaku.com — 5 Penyebab Sakit Lutut yang Sering Dikeluhkan- nyeri lutut bisa berupa cedera, masalah mekanis, radang sendi, dan masalah kesehatan lainnya. Seperti kita ketahui bersama, sakit lutut merupakan gangguan kesehatan yang umum dikeluhkan oleh orang dewasa. Nyeri lutut seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari seperti berjalan, membungkuk, berdiri atau mengangkat beban.

Pada dasarnya lutut manusia adalah dua tulang kaki panjang yang disatukan oleh otot, ligamen dan tendon. Lutut terdiri dari tibia, tulang paha, dan kulit terluar. Setiap ujung tulang ditutupi lapisan tulang rawan, yang dapat mengurangi getaran atau getaran, sehingga melindungi lutut. Banyak masalah lutut yang bisa menyebabkan rasa sakit atau nyeri. Menurut laporan dari Mayo Clinic, berikut beberapa penyebab nyeri lutut:

5 Penyebab Sakit Lutut yang Sering Dikeluhkan

Cedera ligamen

Cedera ligamen, utamanya bagian ligamen tulang kering ke tulang paha (anterior cruciatum) yang robek dapat menyebabkan sakit lutut. Ligamen adalah pita elastis jaringan yang menghubungkan tulang satu ke tulang lainnya.

Cedera atau robeknya ligamen jamak dialami atlet atau orang yang bermain basket, sepakbola, atau olahraga lain yang memerlukan perubahan gerakan lari secara tiba-tiba.

Radang tendon lutut

Tendinitis patela adalah iritasi dan peradangan pada tendon lutut. Tendon adalah jaringan keras dan tebal yang menghubungkan otot ke tulang. Pelari, pemain ski, pesepeda, dan orang yang sering melompat rentan mengalami peradangan pada tendon penghubung tendon lutut.

Bursitis lutut

Bursitis lutit adalah peradangan pada kantong berisi cairan atau pelicin bagian luar sendi lutut. Cairan tersebut berfungsi melindungi bagian luar sendi lutut, sehingga tendon dan ligamen bisa bergerak mulut di atas sendri. Peradangan pada kantong pelicin sendi bisa menyebabkan nyeri atau lutut terasa sakit.

 Nyeri pinggul

Saat mengalami nyeri pinggul atau kaki, cara berjalan seseorang cenderung berubah dengan mengandakan sendi lutut. Dengan gaya berjalan seperti itu, tekanan pada sendi lutut jadi bertambah dan memicu nyeri lutut.

Berat badan berlebih

Selain penyakit, penyebab sakit lutut juga bisa berasal dari kelebihan berat badan atau obesitas. Berat badan berlebih dapat meningkatkan tekanan pada sendi lutut, terutama saat berjalan atau naik turun tangga. Tak hanya itu, kelebihan berat badan juga membuat seseorang lebih berisiko mengalami osteoartritis.

 

Demi mencegah masalah kesehatan ini, setiap orang perlu rajin aktif bergerak dan rutin berolahraga. Untuk mengetahui penyebab sakit lutut dengan pasti, dokter biasanya melakukan pemeriksaan fisik, merekomendasikan tes sinar-X, MRI, sampai CT-scan.

Setelah diketahui biang penyakit, perawatan medis yang tepat sesuai penyebab penyakit dengan obat atau prosedur lain bisa membantu mengatasi masalah kesehatan ini.

 

 

 

artikel asli