Tiwul Kuliner Khas Wonogiri

liputanberiaku.com– Tiwul Kuliner Khas Wonogiri- Apa sih makanan tradisional yang menjadi favorit kalian guys???Banyak lhoo makanan tradisional khas Indonesia bisa menjadi menu santapan kita guys.

Lebih lebih lagi di Bulan Suci Ramadan ini, beraneka ragam  makanan khas daerah yang bisa dijadikan menu favorit ketika berbuka puasa.

Sebut saja makanan khas jawa yang satu ini bernama Tiwul.apa sih makanan tiwul itu guys??

Mungkin masih ada dari sekian masyarakat Indonesia tidak mengetahui nama makanan tersebut.

Dikutip dari beberapa artikel, Tiwul adalah makanan tradisional asli Indonesia yang dulu sempat menjadi makanan pokok pengganti nasi beras.

Tiwul dibuat dari gaplek, yaitu singkong yang sudah dikeringkan dibuat menjadi butiran butiran kecil dan dikukus.

Masih banyak kok guys orang dari daerah Wonosobo, Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan dan Blitar yang saat ini mengonsumsi tiwul meski bukan lagi menjadi makanan pokok.

Bahkan tidak hanya dibeberapa daerah tersebut. Di Sumatera Utara khususnya Kota Medan, masih bisa ditemukan makanan tradisional ini.

biasanya guys, pada musim bulan Ramadan, makanan tiwul selalu ada tersaji di beberapa pedagang yang menjual menu bukaan.

Tidak diketahui secara pasti kapan tiwul mulai dibuat, namun tiwul menjadi makanan pokok sebagian besar rakyat Jawa pada masa penjajahan Jepang.

Pada saat itu bahan makanan yang layak seperti nasi beras sangat sulit didapat dan tak mampu dibeli, pada akhirnya rakyat mencari bahan makanan lain pengganti nasi.

Karena hasil kebun yang paling mudah ditanam dan dipanen tanpa membutuhkan perawatan khusus adalah singkong, maka muncullah berbagai olahan makanan berbahan dasar singkong, termasuk Tiwul.

Singkong bukan hanya sangat murah dan mudah didapat saat itu, tapi juga bisa disimpan dalam waktu sangat lama dan mengenyangkan.

Bahkan beberapa makanan terbuat dari singkong yang sudah dijemur, dikeringkan dan berjamur disebut gatot.

Oleh karena itu, singkong menjadi satu-satunya bahan pangan utama yang dimiliki pada saat itu.

Singkong memiliki kalori lebih rendah daripada nasi beras namun memiliki serat lebih banyak, sehingga mengenyangkan dalam waktu lama.

Saat ini pun masih ada banyak yang menjual tepung gaplek atau tepung tiwul di pasaran, bisa juga menggunakan tepung tapioka jika ingin membuatnya.

Tiwul lebih gurih jika diberi tambahan parutan kelapa, bisa diolah dengan menambahkan sedikit garam jika ingin gurih, atau ditambahkan gula jika ingin dijadikan camilan manis.

cara buat tiwul guys:

Taruh tepung gaplek di atas tampah, perciki dengan air sambil diaduk-aduk hingga adonan berbutir seperti pasir, sisihkan.

Masukkan adonan ke dalam dandang yang telah dipanaskan dan dialasi daun pisang, taruh gula merah sisir secara acak, kukus hingga 60 menit, angkat.

Kukus pula kelapa parut dengan daun pandan dan garam selama 15 menit, angkat.

Sajikan tiwul bersama kelapa parut.

 

 

 

artikel asli