Rajin Puasa, Tapi Berat Badan Malah Naik? Ini Tips Deddy Corbuzier

liputanberitaku.com–Momen setahun sekali bulan puasa yang sering dimanfaatkan sebagian orang untuk menurunkan berat badan. Hal itu tidak terlepas dari perubahan pola makan. Yang biasanya seseorang makanan 3 kali sehari, selama bulan puasa akan berkurang menjadi 2 kali yakni, makan sahur dan berbuka puasa.

Meski begitu, tak banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan drastis meski pola makan mereka berubah. Menurut Deddy Corbuzier, disebabkan oleh adanya kesalahan presepsi yang selama ini berkembang di tengah masyrakat Indonesia. “Banyaknya persepsi yang salah yang diajarkan iklan-iklan komersial. Berbuka itu makan yang manis-manis. Harus diketahui, makanan manis itu mengandung gula, dan gula itu bukan hanya gula bubuk saja, nasi itu juga mengandung gula, buah-buahan gula. Jadi harus lebih teliti,” ungkap Deddy Corbuzier dikutip dari kanal YouTube Sabrina Chairunnisa, Sabtu (17/4/2021).

Tak sedikit orang yang mengalami kenaikan Deddy juga menjelaskan, saat tubuh mendapat asupan gula yang berlebihan, kandungan fluktosa yang tersimpan justru akan menjadi lemak. Oleh karena itu diperlukan tindakan khusus untuk mengantisipasi hal tersebut. Wulan Yee Rilis Single Religi Bulan Mulia Deddy tidak menampik bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Muslim untuk berbuka dengan makanan manis dan segar seperti kurma dan buah-buahan lainnya. Namun dia mengingatkan pada zaman nabi dulu, orang-orang cenderung aktif bergerak sehingga proses pembakaran lemak ditubuh mereka berjalan dengan lancar.

“Sederhananya, zaman dulu orang mau pergi aja jalan kaki, naik onta, artinya orang butuh energi untuk aktivitas. Wajar mereka membutuhkan asupan glukosa. Sementara zaman sekarang, kebanyakan orang hanya bekerja di dalam ruangan, duduk di ruangan ber-AC, sembari menunggu buka puasa,” ujar Deddy lagi. Kebiasaan inilah yang kemudian dikenal dengan istilah sedentary atau gaya hidup yang tidak aktif dan tak banyak bergerak.

Dalam arti lain, bila seseorang dengan gaya hidup sedentary memaksa untuk menyantap hidangan manis-manis saat berbuka puasa, kandungan gula pada makanan tersebut justru akan menumpuk menjadi lemak. Sebagai solusi, Deddy Corbuzier menyarankan orang-orang mulai rutin berolahraga. Setidaknya 1-2 jam sebelum berbuka puasa. “Gula itu boleh dimakan setelah berolahraga, karena setelah berolahraga otot kita membutuhkan glikogen. Glikogen ini dihantarkan oleh glukosa, dan dinaikkan oleh insulin. Insulin menghantarkan energi gula ini ke otot untuk membangkitkan kembali stamina,” kata Deddy. “Kalau Anda tidak suka olahraga, ketika berbuka puasa jangan buka yang manis. Bisa langsung mengonsumsi protein seperti daging-dagingan,” ujarnya lagi.

 

 

Artikel asli