Cara Merawat Tanaman Kaktus dengan Benar

Cara Merawat Tanaman Kaktus — Sekarang ini kaktus tawarkan beberapa pilihan untuk mereka yang ingin bercocok tanam dan mengawali dengan tipe tanaman yang gampang ditata. Bahkan juga mereka yang sukses membudidayakan tanaman berduri ini memilih untuk masuk dan mengolahnya sebagai tempat usaha. Ya, kenyataannya kaktus banyak memiliki fans belakangan ini karena kaktus gampang diatasi dan unik dalam semua memiliki bentuk. Karena itu lumrah saja bila tanaman kaktus sekarang banyak dicari oleh mereka yang ingin rasakan asyiknya menjaga tanaman ciri khas gurun pasir.

 

Baca juga : Bagaimana Merawat Tanaman Hias Calathea

Cara Merawat Tanaman Kaktus

Tanaman kaktus tidak sepi dari fansnya. Kaktus, salah satunya varietas tanaman hias paling populer, makin banyak disukai karena memiliki bentuk yang unik dan bervariatif. Seringkali diketemukan kaktus hias yang jadi hadiah atau ornament di beberapa sudut rumah untuk menambahkan daya magnet rumah.

 

Langkah menjaga tanaman berduri ini juga simpel! Nach, untuk yang menyukai mengumpulkan kaktus atau merencanakan memiara tanaman ciri khas gurun pasir ini, berikut cara-cara menjaga kaktus yang benar dan baik. Yok baca keterangan mengenai perawatan kaktus yang benar dan tepat.

 

Lihat penyiraman

Kaktus berlainan dengan tanaman yang lain memerlukan banyak air untuk peresapan gizi yang maksimal. Kaktus cuman memerlukan air yang cukup karena dia sudah simpan cadangan air dalam badannya untuk makanan yang diperlukannya, darimanakah dia mendapatkan tempat berlindung. Penyiraman kaktus yang pas dengan penyemprotan atau penyemprotan, yang dapat dilaksanakan satu minggu 2x. Semprot karena kaktus kemungkinan basah. Dengan menyirami kaktus secara baik, kaktus bisa mempernyerap gizi secara baik dan sesuai keperluannya.

 

Perhatikan Temperatur Awalnya

Penting untuk memperhatikan temperatur udara kaktus saat lakukan pembelian pertama Anda. Misalkan, Anda beli kaktus di supermarket atau agrowisata daratan tinggi. Hingga dilarang mengubah temperatur langsung saat ditempatkan di tempat yang panas. Kaktus yang awalnya sudah menyesuaikan dengan udara sejuk di supermarket dan daratan tinggi dapat membuat depresi bila harus hadapi cuaca panas di saat bertepatan. Diamkan kaktus sesuaikan ke temperatur ruang sedang sepanjang minimum 1 bulan dan sirami kaktus satu minggu sekali.

 

Jauhi Cahaya Matahari Langsung

Walau komunitas asli tumbuhan berduri ini ada di wilayah panas, tidak berarti cahaya matahari langsung cukup buat menopangnya. Janganlah sampai kaktus terserang cahaya matahari langsung, karena bila kelamaan mempernyerap cahaya UV matahari, ujung kaktus akan cepat kering. Berikut penyebabnya kaktus menurun dan gampang mati.

 

Lihat Karakterkaktus

Kaktus ialah fans cahaya matahari. Komunitas murni tumbuhan ini di gurun pasir, dengan terik panas. Tempatkan kaktus pada tempat dengan perputaran udara yang bagus, anti lembab, dan yang paling penting tambah tempat tanam berbentuk pasir dengan jumlah yang cukup. Ini untuk menolong kaktus menyesuaikan dengan komunitas aslinya.

 

Pemberian pupuk dan tempat tanam

Pemberian pupuk harus dilaksanakan secara periodik. Ini ialah langkah supaya kaktus masih tetap subur dan bertahan lama. Kaktus yang dibuahi dengan teratur hasilkan tanaman yang kuat dan sehat hingga bisa bertahan di dalam keadaan cuaca apa saja. Pupuk yang dipakai jangan asal-asalan. Kaktus mempunyai tipe pupuk khusus yang cuman dibuat secara organik. Pupuk organik ini ada di toko tanaman hias berlangganan. Ingat-ingatlah untuk memberinya pasir tambahan untuk kaktus. Dengan begitu kaktus Anda akan tumbuh sesuai komunitasnya yang bersih.

 

Taruh tanaman kaktus

Jauhi kaktus dari cahaya matahari langsung selanjutnya samakan jarak di antara kaktus dengan tanaman semacam atau tanaman lain untuk menghindar hama tanaman. Bila Anda mempunyai tipe kaktus lain, Anda perlu mengisolasinya. Dengan langkah ini hama tidak serang tanaman kaktus. Kaktus bisa dipakai pada temperatur kamar, di dalam ruang tanpa AC, pojok atau sedikit cahaya matahari. Alangkah baiknya kalau atapnya memakai kain kasa hitam untuk jaga temperatur kaktus

Langkah ini akan berguna untuk yang ingin mulai memiara tanaman hias unik ini. Banyak kaktus masih diperbudidayakan untuk maksud usaha sekarang ini. Tanaman hias kaktus mempunyai banyak manfaat yang dapat digunakan warga, diantaranya sebagai oleh-olehan, pengisi taman vertikal, percantik pojok ruang, atau sebagai tempat usaha. Faedahnya lumayan besar dan dapat dijadikan tambahan hoby untuk pendapatan tambahan.

 

Samakan pan ( Pot )

Kaktus kerap ditaruh berbentuk miniatur atau pot kecil. Tentu saja banyak pecintanya yang manfaatkan kaktus sebagai tanaman hias, hingga tidak memerlukan tempat yang luas untuk berkebun. Kaktus bisa juga terpasang di tempat yang luas, lihat saja tingkat kelembapan tanahnya. Untuk yang memiara kaktus dalam media pot, coba lihat tipe pot yang dipakai dan tempat tanam yang dipakai. Samakan ukuran pot sama ukuran kaktus yang ditanamkan. Ubahlah pot dalam kurun waktu optimal satu tahun karena akan mempermudah kaktus makan secara baik.