Hal-hal Yang Harus Dihindari Ketika Berpuasa

www.liputanberitaku.com–– Bulan puasa merupakan bulan yang penuh dengan berkah. Semua aktivitas manusia selama puasa bulan ini akan selamanya dihargai dengan kebaikan.Umat ​​Islam harus menahan diri dari rasa lapar, haus dan berbagai tindakan yang dapat membatalkan mereka, mulai dari matahari terbit hingga terbenam (magrib).

Tentunya hal ini untuk meningkatkan kesalehan seorang muslim. Pemahaman serupa dijelaskan dalam kitab Subul al-Salam, yang berbunyi sebagai berikut:

“Menahan diri dari makan, minum, jima’ (berhubungan dengan istri) dan lain-lain yang telah diperintahkan kepada kita untuk menahannya, sepanjang hari menurut cara yang disyariatkan. Demikian pula diperintahkan menahan diri dari ucapan yang diharamkan atau dimakruhkan, karena ada hadis-hadis yang melarang hal itu, itu semua berdasarkan waktu dan syarat-syarat yang telah ditetapkan.”

Secara harfiah, puasa Ramadhan dilakukan selama bulan suci Ramadhan, dengan total sekitar 29-30 hari.

Selain memahami puasa Ramadhan tersebut di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal penting seperti syarat wajib, kerukunan dan sunnah, makruh hal dan hikmah yang didapat.

Baca Juga : Jangan Sampai Keliru! Hukum dan Tata Cara Puasa Sunah di Hari Jumat

Masih banyak orang yang sering salah paham akan arti ibadah bulan ini dengan melakukan hal-hal yang berlebihan. Jangan melakukan hal berikut agar tidak membuat kesalahan dalam berpuasa:

1. Tidur berlebihan di siang hari

sumber gambar: oss.mommyasia.id

Kegiatan selama Ramadan mungkin sedikit berbeda. Tetapi itu tidak berarti Anda berdoa sepanjang malam dan tidur sepanjang hari. Puasa bukan berarti mengganti aktivitas pagi. Tidur tepat waktu selama puasa Anda dan bangun satu atau dua jam sebelum azan pagi. Tidur sekitar jam sembilan atau sepuluh malam, bangun sekitar jam tiga pagi, dan siapkan makanan untuk sahur dan sholat Isya. Jika Anda masih kurang tidur, Anda bisa tidur siang selama dua jam kemudian.

2. Bermalas-malasan

sumber gambar: 1.bp.blogspot.com

Setiap aktivitas baik saat berpuasa, terutama di bulan Ramadhan, jelas akan mendapatkan kebaikan. Jadi tidak ada alasan untuk malas saat berpuasa. Padahal, Anda perlu lebih aktif dalam beraktivitas agar puasa Anda lebih bermakna. Selain itu, pada saat beraktivitas siang hari, berpuasa mencegah rasa bosan hingga waktu berbuka terasa dekat.

3. Membuang waktu untuk aktivitas yang tidak berguna

sumber gambar: media.suara.com

Jangan biarkan waktu Anda berlalu dengan bermain game atau menonton TV selama berjam-jam. Gunakan waktu Anda untuk kegiatan produktif, jika tidak bekerja, Anda dapat mencoba menyelesaikan tugas kuliah dan sekolah. Atau Anda dapat mencoba hal-hal baru secara paruh waktu, membaca buku, dan membersihkan rumah. Aktivitas positif apa pun yang dapat Anda lakukan akan lebih baik daripada menonton pertandingan atau menonton televisi.

4. Menghabiskan uang untuk pesta buka puasa

sumber gambar: gatra.cloud

Saat puasa Ramadhan di Idul Fitri, memang bisa jadi tempat berkumpul karena orang bisa mendapatkan kebebasan hampir sepanjang waktu. Namun bukan berarti Anda mengiyakan mengajak semua teman Anda berbuka puasa bersama hingga tabungan Anda habis. Daripada berbuka puasa bersama teman-teman di restoran atau tempat makan lain, cobalah menelepon mereka untuk berbuka puasa di rumah. Selain lebih murah, Anda bisa berbuat baik dan tetap berhubungan.

5. Beraktivitas panjang di malam hari

sumber gambar: cdn.hellosehat.com

Hindari kehidupan sosial yang berlebihan setelah melakukan shalat tarawih. Jangan keluar atau berjalan-jalan di malam hari kecuali jika itu penting dan mendesak. Jika Anda bepergian terlalu lama atau jauh dari rumah pada malam hari, otomatis jadwal tidur Anda akan terputus. Dia akan banyak tidur di malam hari dan bangun dengan nyenyak saat fajar tepat waktu.