Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Liputanberitaku.com– Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir- Pernahkah Anda melihat atau menemukan anak kucing yang baru lahir baru-baru ini? Jika demikian, Anda mungkin akan tergerak oleh tingkah laku mereka yang lucu dan menggemaskan. Saat Anda menerima anak kucing yang baru lahir, baik itu kucing peliharaan atau anak kucing yang ditemukan di jalan, mereka memerlukan perawatan dan perawatan khusus hingga berusia sekitar 4 bulan.

Mengetahui cara merawat anak kucing yang baru lahir dapat memastikan bahwa anak kucing Anda sehat dan hidup harmonis dengan induk kucing.

https://kupersia.blogspot.com/

Akan tetapi, dalam beberapa kasus, kamu mungkin menghadapi keadaan darurat melahirkan anak kucing yang baru lahir tanpa induk yang menyediakan kebutuhan dasar anak kucing.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (20/4/2021), ada tips dan pedoman tentang apa yang harus kamu lakukan ketika memiliki anak kucing yang hendak kamu pelihara dan rawat.

Memberi makan dan nutrisi

Memberi makan tentu saja menjadi perhatian paling mendesak ketika berbicara tentang anak kucing yang baru lahir dan cara merawatnya.

Induk kucing akan menjadi sumber makanan utama mereka selama minggu-minggu pertama kehidupan anak kucing yang baru lahir.  Sangat penting bagimu untuk memastikan memberikan makanan bergizi kepada induk kucing agar dia sehat dan cukup kuat untuk merawat anak kucingnya.

Jika kamu membantu induk kucing jalanan dan anaknya, berikan makanan dan air kepada induk kucing dari jarak yang aman, sekali atau dua kali sehari.

Namun, apabila kamu merawat anak kucing yang ditinggalkan atau yatim piatu, kamu harus membuat persiapan khusus untuk diberi makan. Susu sapi tidak disarankan untuk memberi makan anak kucing karena dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan. Ada formula pengganti susu komersial yang tersedia di toko hewan peliharaan dan kamu dapat memberikannya kepada anak kucing. Mulai usia 3-4 minggu, anak kucing secara bertahap akan disapih dari susu induknya.

Memberi makan anak kucing yang baru lahir

Jika induk kucing tidak ada untuk merawat anak kucing yang baru lahir, kamu harus memberinya makan dengan susu formula selama minggu pertama. Botol memberi makan anak kucing yang baru lahir dengan sekitar 2-6 ml susu formula setiap 2-3 jam. Susu formula anak kucing bisa dibeli di toko hewan peliharaan atau toko online.

Ingat, agar jangan pernah memberi susu sapi atau susu formula bayi untuk anak kucing. Para ahli memperingatkan bahwa hal itu bisa berakibat fatal bagi anak kucing yang baru lahir.

Berikut bagan pemberian susu formula anak kucing sesuai dengan usia dan beratnya.

1. Untuk anak kucing berusia 0-1 minggu yang beratnya mencapai 50-150 gram bisa kamu berikan 2-6 ml susu formula anak kucing setiap 2 jam.

2. Untuk anak kucing berusia 1-2 minggu yang beratnya mencapai 150-250 gram bisa kamu berikan 6-10 ml susu formula anak kucing setiap 2-3 jam.

3. Untuk anak kucing berusia 2-3 minggu yang beratnya mencapai 250-350 gram bisa kamu berikan 10-14 ml susu formula anak kucing setiap 3-4 jam.

4. Untuk anak kucing berusia 3-4 minggu yang beratnya mencapai 350-450 gram bisa kamu berikan 14-18 ml susu formula anak kucing setiap 4-5 jam.

5. Untuk anak kucing berusia 4-5 minggu yang beratnya mencapai 450-550 gram bisa kamu berikan 18-22 ml susu formula anak kucing setiap 5-6 jam.

6. Untuk anak kucing berusia 5-8 minggu yang beratnya mencapai 550-850 gram bisa kamu berikan makanan padat khusus anak kucing setiap 6 jam.

Kucing baru lahir yang sehat harus memiliki berat sekitar 50-150 gram. Pantau terus berat badan anak kucing sebagai cara untuk mengetahui apakah ia diberi makan dengan benar. Semakin tua usia anak kucing, semakin jarang waktu makan mereka. Dalam mempelajari cara merawat bayi kucing yang baru lahir, penting juga untuk memantau berat badannya.

Penanganan dan perlindungan

Penanganan menjadi pertimbangan penting saat mempelajari cara merawat anak kucing yang baru lahir. Pastikan anak kucing memiliki tempat yang hangat dan nyaman untuk tidur. Itu bisa berupa kotak atau tas besar yang dilapisi selimut dan dijaga tetap kering setiap saat.

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara merawat anak kucing yang baru lahir bersama induknya, kamu dapat mempertimbangkan preferensi di mana tempat tidur induk kucing akan ditempatkan. Dia juga akan menghabiskan banyak waktunya di sana, menyusui bayinya. Kucing menyusui lebih menyukai sudut yang gelap, tenang, dan aman di mana mereka bisa merasa aman dan tidak akan diganggu.

Jika anak kucing yang kamu asuh tidak memiliki induk yang akan merawatnya, prioritasmu adalah menjaganya tetap kering dan hangat, terlindung dari unsur-unsur dan potensi pemangsa. Dapat dimengerti jika kamu ingin memeriksa bagaimana keadaan anak kucing dari waktu ke waktu. Tapi, cara terbaik menangani anak kucing yang baru lahir (setidaknya dalam 2 minggu pertama setelah lahir) adalah membiarkannya.

Inilah saatnya bagi anak kucing untuk terikat dengan induk dan saudara-saudaranya.

Kucing adalah makhluk teritorial, dan beberapa induk kucing menolak anaknya atau bertindak agresif saat melihat anak kucingnya terlalu banyak dipegang oleh manusia. Saat anak kucing berusia dua minggu atau lebih, ada baiknya untuk mulai membiasakannya dengan cara dipegang oleh manusia.

Ingatlah bahwa anak kucing sangat rapuh, jadi kamu harus bersikap selembut mungkin saat memegang anak kucing. Jika kamu memiliki anak kecil yang ingin mencoba menggendong anak kucing, ajari mereka untuk melakukannya dengan lembut.

Jangan biarkan anak kecil menyentuh anak kucing tanpa pengawasan. Biarkan induk kucing mengendusmu terlebih dahulu, sebelum kamu menyentuh atau memegangi anak kucing.

Perawatan pencegahan

Semakin awal kamu menjadwalkan pemeriksaan dokter hewan untuk anak kucing, semakin baik bagi kesehatan dan kebugarannyaSekitar 6 minggu, anak kucing dapat mulai mendapatkan vaksinasi, yang biasanya diberikan setiap 3 minggu sampai mereka berusia 4 bulan. Vaksinasi penting untuk membangun sistem kekebalan anak kucingmu dari penyakit seperti rabies, distemper, dan leukemia. Dokter hewan juga akan memberikan rekomendasi cara melindungi bayi kucing dari cacingan, kutu, dan parasit.

Pelatihan buang air

Selama bulan-bulan pertama setelah melahirkan, induk kucing akan bertanggung jawab membantu bayinya setiap kali buang air kecil dan besar. Biarkan kucingmu menjilati area genital bayinya karena ini adalah cara dia membersihkannya. Jika induk kucing tidak ada untuk melakukan ini, kamu dapat membantu anak kucing dengan menggunakan kain basah atau kain kasa untuk membersihkannya saat mereka buang air kecil atau buang air besar.

Saat anak kucingmu berusia 4 bulan, kamu dapat mulai melatihnya menggunakan kotak kotorannya. Setiap kali setelah makan, masukkan setiap anak kucing ke dalam kotak kotoran satu per satu, berikan waktu yang cukup untuk menyelesaikan penggunaan kotak kotoran.

Jika kamu melihat ada anak kucing yang tidak buang air kecil atau besar secara teratur, kamu dapat mempertimbangkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter hewan.

https://lifestyle.kompas.com/

 

Mensosialisasikan anak kucing

Anak kucing yang bersosialisasi juga harus diberi perhatian, baik kamu berencana membesarkan semua anak kucing di rumah atau mempersiapkannya untuk diadopsi. Perawatan dan penanganan yang tepat, kunjungan ke dokter hewan, dan bermain dengan anak kucing akan memungkinkan mereka tumbuh nyaman di hadapan manusia dan lebih mudah beradaptasi untuk bertemu orang. Anak kucing sangat kecil, menggemaskan, dan sangat lembut. Merawat mereka sebenarnya tidak terlalu sulit setelah kamu mengetahui cara merawat induk kucing dan anak kucing yang baru lahir. Selama kamu memiliki kesabaran dan mengingat dasar-dasar tentang pemberian makan, penanganan, sosialisasi, perawatan pencegahan, dan pelatihan buang air, kamu akan membesarkan anak kucing yang kuat dan sehat dalam waktu singkat.

 

 

 

 

 

 

artikel asli