Cara Mengatasi Bully atau Perundungan di Media Sosial

Cara Mengatasi Bully atau Perundungan di Media Sosial- Facebook menyatakan, perkembangan dunia digital Indonesia belum diiringi dengan perkembangan literasi digital dan keterampilan kewarganegaraan digital. Hal tersebut semakin dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Nielsen terhadap pengguna smartphone di Indonesia, dimana 75% responden masih kurang berfikir kritis dalam mendeteksi berita palsu.

Selain itu, hasil studi Microsoft 2021 juga menunjukkan bahwa lima dari sepuluh pengguna internet di Indonesia terlibat dalam cyberbullying. Milenial dan Gen Z paling terpengaruh aksi ini.

Cara Mengatasi Bully atau Perundungan di Media Sosial

1. Tetap tenang

Tarik napas dalam-dalam. Bersikaplah jernih sehingga Anda dapat membuat keputusan terbaik tentang siapa yang harus dihubungi dan apa yang harus dikatakan kepada mereka. Kemudian, saat Anda merasa kesal, jangan menghubungi orang yang menindas Anda.

2. Ceritakan kepada orang yang dapat Anda percayai

Jika Anda terancam atau khawatir tentang keselamatan Anda, segera beri tahu seseorang yang Anda percayai. Itu juga dapat menghubungi teman dekat, keluarga, guru, dan bahkan otoritas yang kompeten.

3. Jaga keselamatan

Jangan mengambil risiko bertemu seseorang yang membuat Anda merasa tidak aman. Jika Anda berbicara dengan orang ini, harap gunakan bahasa yang sederhana dan langsung dan tetap tenang.

4. Jangan membalas

Jangan pernah mencoba membalas dendam atau menghina orang yang menindas Anda. Kemudian, jangan melakukan atau mengatakan sesuatu yang mungkin Anda sesali di kemudian hari.

Tips jika teman dibully diĀ media sosial

1. Buat keputusan

untuk membantu Jika Anda melihat seorang teman yang membutuhkan bantuan, harap pertimbangkan cara membantu. Sebelum menelepon teman untuk meminta bantuan, tarik napas dalam-dalam agar Anda bisa berpikir jernih.

Jika Anda merasa tidak nyaman, mintalah bantuan seseorang yang Anda percayai. Keamanan setiap orang adalah prioritas pertama.

2. Cari solusi bersama-sama dengan teman Anda

Beri tahu teman Anda bahwa dia tidak sendirian dan Anda ingin membantunya mengatasi situasinya. Kemudian, ingatkan teman Anda bahwa mereka tidak pantas mendapatkan perlakuan ini, dan tidak ada yang boleh menindas mereka.

Selanjutnya, dorong teman Anda untuk tidak tinggal bersama orang yang menindas orang lain. Ini juga dapat membantu mereka menghindari eskalasi masalah atau mengambil tindakan positif, yang dapat memperburuk situasi. Kemudian, jangan berbicara atas nama teman Anda kecuali mereka memintanya.

3. Habiskan waktu dengan teman-teman

Luangkan waktu untuk mengobrol dengan teman-teman Anda, buat mereka merasa didukung, dan dorong teman-teman lain untuk melakukan hal yang sama. Tetaplah di sana dan tunjukkan bahwa Anda masih peduli.

sekian sedikit cara untuk mengatasi bully yang terjadi pada media sosial,semoga membantu buat semua pembaca

#artikel-asli