6 Tepung Pengganti Tapioka

Liputanberitaku.com– 6 Tepung Pengganti Tapioka- Tepung Tapioka termasuk salah satu jenis tepung bebas gluten. Saat memasak, tapioka sering dijadikan sebagai bahan pengental. Namun, tidak perlu khawatir. Berikut saran Arief Maulana Ikhsan, chief pastry chef of Beau Bakery :

1. Tepung singkong

Tepung singkong adalah pengganti tepung tapioka yang bebas gluten dan mengandung lebih banyak serat sehingga mengandung lebih banyak nutrisi. Kedua produk tersebut terbuat dari umbi singkong. Tetapi, tepung singkong terbuat dari seluruh umbi, sedangkan tepung tapioka hanya terbuat dari pati singkong. Di banyak resep, tepung singkong bisa ditukar dengan tapioka.

Namun, kandungan seratnya mampu membuat masakan menjadi lebih kental dibandingkan dengan tapioka pada umumnya. Jadi, kamu mungkin harus mengurangi sedikit takarannya agar masakan yang dihasilkan tidal terlalu kental. Selain itu, tepung singkong juga memiliki rasa yang sedikit pedas, tergantung pada jenis resep yang kamu gunakan.

2. Tepung maizena

Dilansir dari Healthline, tepung maizena bisa menjadi pengganti tepung tapioka yang bagus dan mudah didapat. Tepung yang terbuat dari pati jagung ini secara alami bebas gluten dan cocok untuk memasak dan memanggang. Dibandingkan dengan tapioka, tepung maizena memiliki kemampuan yang lebih baik sebagai pengental.

Oleh karena itu, saat mengganti tapioka dengan maizena, sebaiknya gunakan hanya setengah dari takaran. Misalnya, kalau kamu membutuhkan 2 sendok makan tepung tapioka, gunakan 1 sendok makan tepung maizena sebagai penggantinya.

Baca Juga : Resep Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa

3. Tepung sagu

Menurut Arief, penggunaan tapioka secara umum bisa diganti dengan tepung sagu. Namun, aroma yang dihasilkan akan sedikit berbeda. “Tapi kan kalau sagu dari batang sagu, kalau tapioka dari singkong which is tapioka akan punya aroma khas gitu loh,” tutur Arief saat dihubungi Kompas.com, Selasa (20/4/2021).

Meski aroma yang dihasilkan berbeda, penggunaan sagu sebagai tapioka tidak akan mengubah banyak hal. Tidak ada takaran yang harus diganti saat mengubah penggunaan tapioka menjadi sagu. Tesktur makanan yang dihasilkan pun tidak banyak berubah. “Teksturnya akan mirip. Kalau di kue basah lebih kenyal, kalau yang di goreng-goreng gitu jadi lebih renyah,” kata Arief. Dilihat dari karakteristik fisik, baik tepung tapioka atau tepung sagu memiliki bentuk dan warna yang hampir sama.

Hanya saja, jika diperhatikan lebih rinci tepung sagu berwarna putih susu, sedangkan tepung tapioka putih bersih. Tekstur tepung tapioka juga lebih licin dan halus dibandingkan dengan tepung sagu. “Makanya kalau di masyarakat awam tuh sering ketuker antara tapioka dan sagu,” tutup Arief.

4. Tepung kentang

Tepung kentang termasuk tepung bebas gluten dan bisa digunakan sebagai tepung tapioka. Namun, konsistensinya lebih berat dan dapat menghasilkan produk yang lebih padat, tergantung pada menu masakan yang kamu buat. Jika kamu ingin menggunakan tepung ini dalam jumlah kecil untuk mengentalkan saus atau rebusan, gunakan perbandingan 1: 1.

Namun, jika kamu ingin menggunakan tepung kentang dalam jumlah yang lebih besar untuk adonan kue, kamu butuh lebih banyak tepung. Gunakan jumlah tepung tapioka yang diminta pada resep dan kurangi sekitar 25 hingga 50 persen. Ganti tepung tapioka dengan tepung kentang dan tambahkan sedikit tambahan bahan seperti tepung lainnya untuk membuat perbedaan volume total.

5. Tepung beras

Tepung beras merupakan alternatif bebas gluten yang baik untuk tepung tapioka. Jenis tepung ini terbuat dari butiran beras yang digiling halus dan memiliki rasa yang sangat lembut. Tepung beras bisa lebih lengket dan memiliki kekuatan sebagai pengental yang lebih kuat daripada tepung tapioka.

Karenya, lebih baik menggunakan perbandingan 2:1 untuk tapioka dan tepung beras. Misalnya, jika resep Anda membutuhkan 2 sendok makan tepung tapioka, gunakan hanya 1 sendok makan tepung beras untuk menggantikannya.

6. Tepung terigu serbaguna

Tepung serbaguna dapat menggantikan tepung tapioka dengan rasio 1: 1 di banyak resep, namu tekstur akhir yang akan didapatkan mungkin akan berbeda. Tepung tapioka menghasilkan hasil akhir yang cerah dan berkilau saat digunakan sebagai pengental untuk kuah, sup, dan saus. Sedangkan hidangan yang sama yang dikentalkan dengan tepung serbaguna akan menghasilkan hasil matte dan warna yang lebih kusam.

Tepung tapioka tidak memiliki rasa dan cepat bercampur, namun tepung serbaguna perlu dimasak lebih lama untuk menghilangkan tekstur seperti bubuk yang dimilikinya saat mentah. Perlu diingat bahwa tepung serbaguna terbuat dari gandum dan mengandung gluten. Oleh karena itu, tepung serbaguna adalah pengganti tapioka yang tidak cocok untuk kamu yang sensitif terhadap gluten

 

 

 

 

 

artikel asli