Makanan Yang Wajib Dihidangkan Saat Hari Raya Idul Fitri

www.liputanberitaku.com— Idul Fitri, atau Idul Fitri di Indonesia, adalah hari libur umat Islam yang jatuh pada hari 1 kalender Syawal dari kalender Hijriah. Jika dihitung berdasarkan kalender Masehi, hari pertama Syawal jatuh pada waktu yang berbeda setiap tahunnya. Juga pada tahun 2000, umat Islam merayakan Idul Fitri dua kali: pada bulan Januari dan Desember. Hal ini akan terulang kembali sekitar tahun 2035 dan 2036. Tahun ini, Idul Fitri jatuh pada kalender Masehi pada Kamis 13 Mei 2021 dan hari pertama 1442 Syawal pada kalender Hijriah.
Ada banyak tradisi lokal di Indonesia yang kini menjadi bagian dari acara Idul Fitri dan tidak bisa ditemukan pada acara Idul Fitri di Timur Tengah atau negara lain. Salah satunya adalah halal bihalal atau saling memaafkan saat Idul Fitri, yang dimulai dengan dakwah Wali Songo pada abad ke-15. Acara sunkem untuk orang tua juga merupakan tradisi lokal yang menjadi bagian dari acara lebaran indonesia. Kita juga tidak boleh melupakan ketupat, yang seharusnya diturunkan dari bahasa Jawa kupat atau ngaku lepat (mengakui kesalahan). Tenunan daun kelapa yang membungkus ketupat melambangkan masalah dan dosa yang dilakukan oleh manusia, sedangkan ketupat putih di dalamnya melambangkan kesucian hati setelah meminta ampun atas segala kesalahan. Usai salat Idul Fitri, tradisi memaafkan dan menyapa umumnya harus diwajibkan bagi keluarga.

Keakraban antar keluarga tak lengkap rasanya tanpa makan bersama, yakni konsumsi ketupat dan ayam yang sudah menjadi santapan wajib saat Lebaran.

Namun, masih banyak hidangan khas lebaran lainnya yang perlu ada di rumah Anda saat hari raya Idul Fitri tiba.

1. Ketupat

sumber gambar: cdn.idntimes.com

Hidangan khas lebaran ini berasal dari nasi dan menjadi makanan yang paling banyak diburu saat lebaran. Ketup atau kupa merupakan makanan pengganti nasi, berasal dari nasi yang dimasak dengan daun atau cling film.Ketupat sebenarnya adalah nasi yang dimasak dalam satu kemasan sehingga bentuknya lebih padat. Ketupat juga digunakan sebagai makanan khas daerah lain, seperti tahu dalam cangkir, glabet dalam cangkir dan banyak menu lain yang menggunakan cangkir.

2. Opor Ayam

sumber berkas : craftlog.com

Hidangan khas Idul Fitri ini adalah sahabat sejati ketupat. Ayam adalah makanan yang sangat populer di Indonesia. Tak hanya Hari Raya Idul Fitri, ayam juga banyak dikonsumsi sebagai menu sehari-hari.Opor ayam adalah kuah yang terbuat dari ayam yang dimasak dengan santan. Kuah santan opor dibuat dari bumbu-bumbu berupa santan, serai, kencur, kunyit dan garam.Opor biasanya disajikan dengan nasi atau lontong.

3. Rendang

sumber berkas : cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Makanan Padang adalah makanan di seluruh dunia. Hidangan ini masih menjadi salah satu hidangan terlezat di dunia, berasal dari negara lain.Rendang biasanya bisa dibuat dengan daging sapi atau kerbau dengan menggunakan berbagai macam bumbu. Makanan ini diproduksi selama proses pemasakan, yang dipanaskan beberapa kali dengan santan.Bumbu yang biasa digunakan dalam rendang antara lain cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, dan bawang merah. Rendang memiliki perpaduan khas dari bumbu yang berbeda, namun rasa yang dominan adalah asin, manis dan asin.

4. Kentang goreng Sambal Ati

sumber gambar : img.inews.co.id

Samba menjadi menu yang paling banyak dicari sebagai pendamping makan siang. Jenis masakan ini ada beberapa yang biasanya pedas, salah satunya adalah ati goreng dan sambal kentang.Saus sambal ini terbuat dari kentang potong dadu dan hati es, yang juga dipotong dadu. Hidangan ini cocok untuk berbagai masakan Indonesia lainnya.

5. Semur

sumber gambar : asset.kompas.com

Sup ini adalah masakan daging yang dimasak dengan kuah berwarna coklat tua yang terbuat dari kecap, daun bawang, bawang putih, pala dan bumbu lainnya.Semur biasanya mengandung daging sapi, ayam, dan kentang. Kandungan semur juga bisa bermacam-macam, misalnya bisa ditambahkan tempe, telur, tahu, ikan dan bahan lainnya secukupnya.

6. Kue nastar

sumber gambar : blog.tokowahab.com

Siapa yang tak kenal nastar? Nastar merupakan kue yang disukai semua orang dan bisa didapatkan di setiap Idul Fitri.Biskuit nastar merupakan biskuit yang dibuat dengan adonan yang terbuat dari tepung terigu, mentega, telur dan vanili. Nastar berbentuk bulat, diameternya sekitar 2 inci, dan diisi dengan nanas, coklat, strawberry, atau selai lainnya sesuai selera.

7. Kastengel

sumber gambarr : m.ayosemarang.com

Selain makanan berat, kue juga dicari saat Lebaran. Kastengel ini adalah salah satu manisan yang paling banyak dicari.Kastengel adalah adonan yang terbuat dari tepung terigu, telur, margarin dan keju parut. Kue ini panjangnya sekitar 3 inci berbentuk persegi panjang.

Baca Juga : Hal-hal Yang Harus Dihindari Ketika Berpuasa