Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online di Marketplace

Liputanberitaku.com — Aktifitas jualan online sangat sering diidentikkan dengan marketplace. Bahkan saat kita mempunyai toko online kecil- kecilan di media sosial, pertanyaan yang sering keluar adalah ‘sis, akun Shopee nya ada?’ Apakah Anda juga sering mengalaminya?

dalam dunia bisnis online, marketplace memang penting. Jika kita ibaratnya dengan dunia offline, marketplace bisa dibilang pasar tempat berkumpulnya banyak orang mencari barang yang mereka butuhkan. Mereka yang berada di marketplace adalah sekumpulan orang- orang yang memang siap untuk beli. Bisa dibilang, mereka adalah jenis customer yang matang dan siap untuk dipanen.

Baca Juga : Metode Pemasaran Internet Gratis Yang Akan Menyelamatkan Bisnis Internet Kalian

Kelebihan Marketplace

Nyaris Tanpa Modal

Berbeda dengan membangun website sendiri yang bisa memakan dana hingga puluhan juta untuk versi professional, berjualan di marketplace benar- benar nyaris tanpa modal. Anda bisa mendaftarkan diri Anda dengan mudah dan cepat, lalu mulai memposting produkyang ingin Anda jual di marketplace.

Jika ingin mendapatkan fitur eksklusif,Anda hanya mengeluarkan dana yang relatif sedikit untuk upgrade akun Anda atau beriklan di marketplace. Tidak ada biaya bulanan dan biaya maintenance website.

Tempat Berkumpulnya Pembeli

Seperti yang sempat Panda Gila singgung di atas, marketplace adalah tempat berkumpulnya orang- orang siap beli yang mencari barang yang mereka butuhkan. Ibarat dunia offline, marketplace adalah pasar. Penjual online tidak perlu repot- repot mencari pembeli. Mereka cukup mendadani store mereka sebaik- baiknya dan mengoptimalkan fitur yang sudah disediakan oleh si marketplace.

Baca Juga : Metode Pemasaran Internet Gratis Yang Akan Menyelamatkan Bisnis Internet Kalian

 Tempat Berkumpulnya Pedagang

Yang namanya pasar, pasti bukan hanya jumlah pembeli saja yang membludak, tapi juga penjualnya. Tingkat persaingan memang tinggi. Tapi sisi positifnya, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk mencari informasi dengan sesama pedagang, melakukan riset kompetitor, sekaligus berburu supplier terbaik.

Aman karena Menggunakan Rekening Bersama

Setiap marketplace didukung dengan fitur keamanan yang mumpuni karena mereka bukan bisnis yang abal- abal. Selain itu, mereka juga menjadi jembatan rekening bersama antara pedagang dan pembeli. Dengan sistem rekening bersama, pembeli tidak perlu khawatir terjadinya penipuan. Sebelum terjadi, hal ini sudah sangat diminimalisir oleh setiap marketplace.

Baca Juga : Manfaat Berjualan Produk Receh Di Marketplace

Kekurangan Marketplace

 Tingkat Kompetisi yang Kejam

Karena marketplace adalah pasar, artinya jumlah pedagang di tempat ini pun sangat banyak. Pencarian satu kata kunci saja misalnya, bisa menampilkan hasil pencarian hingga ratusan jumlahnya. Hal ini membuktikan bahwa persaingan di marketplace benar- benar ketat.

Saat seseorang berbelanja dan meng-klik produk Anda, pembeli bisa menemukan produk lain yang sama persis yang terletak tepat di samping atau di bawah produkAnda dalam format ‘related product’ atau sejenisnya. Artinya, calon pembeli bisa beralih ke kompetitor Anda dengan sangat mudah.

Budaya Perang Harga

Bagian paling mengerikan dari marketplace adalah perang harga. Banyak penjual berusaha menjual semurah mungkin untuk menarik pembeli. Tak mau kalah, penjual yang lainada juga yang menurunkan harga sampai ke batas terbawah.

Baca Juga : Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Ada di Instagram

Keuntungan sering tidak dihitungkan karena penjual ingin jumlah jual di tokonya menjadi yang terbaik. Margin rela dipangkas habis dan untuk jangka panjang, hal ini bisa merusak kesehatan cash flow toko Anda.

Tidak Ada Kesempatan Branding

Di era digital marketing modern, brand loyalty adalah hal yang penting. Dan denga nmenggunakan marketplace, hal ini dianggap sebagai sebuah kemunduran. Yang pembeli ingat adalah mereka membeli dari Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak, bukan dari brand Anda.

 

 

 

 

Artikel asli