Pengertian Digital Advertising, Tipe & Trend di Indonesia

Pengertian Digital Advertising — Digital advertising adalah pemasaran yang dilakukan oleh seorang dengan menggunakan media digital internet dengan tujuan untuk menjangkau para calon pelanggan yang lebih tertarget, luas dan cepat. Media internet yang biasa digunakan saat ini seperti mesin pencari Google, Youtube, Facebook, Instagram dan lain sebagainya.

Pengertian Digital Advertising

Digital advertising dilakukan bukan hanya untuk perusahaan bermodal besar saja, melainkan bisa dilakukan oleh para pelaku usaha UMKM. Iklan digital memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan dengan konvensional, karena iklan digital bisa diatur berdasarkan target audiens, waktu, lokasi dan medianya.

Ada banyak Tipe digital advertising, jadi Anda bisa leluasa dalam membuat materi iklan sehingga bisa menghasilkan konversi yang lebih baik. Nah berikut ini tipe-tipe iklan digital yang banyak digunakan saat ini:

Text Ads

Text ads adalah jenis iklan berupa tulisan saja. Iklan seperti ini lebih simple dalam pembuatannya, tetapi untuk konversi tidak kalah bagus dengan tipe iklan lainnya. Jika tertarik Anda bisa mengkombinasikannya dengan tipe iklan lainnya agar hasilnya lebih maksimal.

Display Ads

Display ads adalah jenis iklan yang menggunakan gambar sebagai medianya. Tujuannya dengan menggunakan gambar bisa menarik para pengguna internet untuk melihat materi iklannya, jika tertarik pengguna internet bisa membukanya atau melakukan pembelian produk yang diiklankan.

Video Ads

Video ads adalah tipe iklan yang lebih interaktif, materi iklan bentuk video seperti ini lebih menarik untuk dilihat oleh pengguna internet. Tetapi perlu diperhatikan juga dalam konsep pembuatan videonya haruslah bagus sehingga tidak membosankan saat melihatnya. Jika berhasil iklan model video ini bisa berpotensi viral sehingga lebih dikenal oleh orang-orang.

Search Engine Marketing (SEO)

Search Engine Marketing adalah jenis iklan yang menggunakan mesin pencari sebagai medianya. Biasanya iklan pada search engine ini menggunakan sistem PPC (Pay Per Click) yaitu dibayar setiap iklan di klik oleh pengguna.

Iklan dengan SEM seperti ini Anda bebas menetapkan budget iklan, waktu tayang, target audiens dan juga ads copy. Anda juga bisa melihat performa iklan secara langsung apakah mendatangkan profit atau tidak. Iklan PPC ini biasa tampil pada hasil pencarian dan juga website-website yang bekerja sama dengan mesin pencari seperti Google, Bing dll.

Social Media Marketing

Social Media Marketing atau SEM adalah jenis iklan yang tayang pada akun social media seperti Facebook, Instagram, TikTok dll. Inilah alasan mengapa para pemilik aplikasi social media mengratiskan untuk semua penggunanya, karena dari database pengguna ini para pemilik aplikasi akan menjualnya untuk iklan berbayar.

Sekarang ini banyak ditemui untuk iklan pada social media dengan berbagai bentuk seperti display ads, text ads dan video ads. Setiap platform social media pasti memiliki jenis iklan yang paling bagus, salah satunya Instagram yang lebih optimal dengan iklan format video daripada iklan gambar.

Google Shopping

Pernahkan Anda mencari suatu produk kemudian muncul paling atas pada mesin pencari Google. Biasanya akan ditampilkan foto produk, nama produk dengan harga. Anda bisa langsung klik iklan Google shopping tersebut dan langsung menuju pada pengiklannya langsung, jika tertarik Anda bisa melakukan pembelian secara langsung pada produk tersebut.

 

Semoga bermanfaat 🙂