Tips Penuhi Kebutuhan Cairan Pada Tubuh

Kebutuhan Cairan Pada Tubuh — Saat berpuasa, selama hampir 14 jam, tubuh tidak bisa mendapatkan cairan tubuh yang dibutuhkannya. Jika tidak segera dilakukan, tubuh akan terasa lemas, sulit berkonsentrasi, dan mengalami dehidrasi.

Tak bisa dipungkiri, saat berpuasa, minum air hanya bisa dilakukan saat sahur dan setelah puasa. Dalam waktu singkat ini, Anda harus menghidrasi tubuh Anda sesuai dengan kebutuhan harian Anda.

Diana Sunardi, Ketua dan Ahli Gizi Indonesian Hydration Working Group (IHWG), mengatakan saat berpuasa sebaiknya tetap mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter dalam sehari, kecuali air dalam makanan. Langkah ini harus dilakukan untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa.

Diana mengatakan dalam webinar dengan Aqua pada hari Selasa: “Tubuh tidak memiliki cukup air saat berpuasa, itulah sebabnya saat berpuasa, selain air dalam makanan, Anda juga harus mengonsumsi 2 liter air untuk mencukupi kebutuhan cairan Anda. . (20/4).

Minum banyak air saat itu juga tidak terlalu baik. Minum banyak air sekaligus bisa menyebabkan kembung dan sakit perut. Untuk itu perlu memperhatikan waktu minum tertentu saat berpuasa agar mineral yang ada di dalam air dapat terserap secara maksimal.

Diana mengatakan, orang yang berpuasa bisa menggunakan cara 2-4-2 untuk mencicil. Dengan kata lain, gelas sebelum puasa, gelas setelah puasa, ada empat gelas dari tarawih menjelang tidur, gelas sebelum sahur, dan gelas setelah imsak.

Diana mengatakan: “Harus diingat bahwa tubuh manusia membutuhkan 8 gelas air setiap hari. Kami menggunakan motto 2-4-2: minum 2 gelas saat puasa, tidur 4 gelas sebelum istirahat, dan minum 2 gelas saat sahur.

Namun, bagi orang yang berpuasa dan melakukan olahraga berat, mereka mungkin membutuhkan lebih banyak cairan. Untuk mencegah dehidrasi, Diana menyarankan agar orang yang banyak berolahraga sebaiknya menambahkan dua gelas air minum satu jam sebelum dan sesudah berolahraga.

Dia berkata: “Tentu saja, jika Anda berolahraga, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak cairan. Cara sederhana (menghindari dehidrasi) adalah dengan minum minuman sebelum berolahraga dan minum setelah berolahraga.”

Itu tadi artikel tentang Kebutuhan Cairan Pada Tubuh Saat Puasa semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih!