5 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Pir  —Buah pir adalah buah yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Apakah Anda termasuk di antaranya? Jika iya, maka beruntunglah Anda. Pasalnya, buah bir bukan hanya lezat tetapi juga menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Simak berikut ini manfaat kesehatan dari buah pir:

A. Menjaga sistem pencernaan

Pir adalah sumber serat larut sangat baik. Nutrisi ini diketahui penting untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu menjaga keteraturan usus dengan melunakan tinja, sehingga menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

Satu buah pir berukuran sedang (178 gram) sanggup menyediakan 6 gram serat atau 22 persen dari kebutuhan serat harian yang direkomendasikan. Selain itu, serat larut juga bisa berguna untuk memberi makan bakteri sehat di usus Anda. Karena kulit pir juga mengandung banyak serat, yang terbaik adalah memakan buah ini tanpa dikupas.

B. Dapat membantu menurunkan berat badan

Pir rendah kalori, tinggi air, dan kaya serat. Kombinasi ini menjadikannya sebagai makanan yang ramah penurunan berat badan, karena serat dan air dapat membantu Anda tetap kenyang. Saat kenyang, secara alami Anda cenderung tidak ingin terus makan.

C. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat buah pir untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Antioksidan procyanidin dalam buah pir diyakini bisa menurunkan kekakuan di jaringan jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Sementara itu, kulit buah pir mengandung antioksidan penting yang disebut quercetin. Senyawa ini dianggap bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Selain itu, asupan pir dan buah berdaging putih lainnya secara teratur dianggap dapat menurunkan risiko stroke.

Sebuah studi 10 tahun yang melibatkan lebih dari 20.000 orang menemukan bahwa konsumsi 25 gram buah berdaging putih setiap hari, bisa menurunkan risiko stroke sebesar 9 persen.

D. Mungkin menawarkan efek antikanker

Pir juga mengandung berbagai senyawa yang mungkin menunjukkan sifat antikanker. Misalnya, kandungan antosianin dan asam sinamatnya telah terbukti dapat melawan kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet kaya buah-buahan, termasuk pir, dapat melindungi dari beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, kanker perut, dan kanker kandung kemih. Beberapa studi populasi menunjukkan bahwa buah kaya flavonoid seperti pir juga dapat melindungi dari kanker payudara dan ovarium. Dengan demikian, buah pir adalah pilihah pilihan buah yang sangat tepat untuk dikonsumsi kaum wanita sehari-hari.

E. Menurunkan risiko diabetes

Sebuah studi besar yang melibatkan lebih dari 200.000 orang menemukan bahwa makan 5 atau lebih porsi buah kaya antosianin seperti pir merah tiap minggu telah dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 sebesar 23 persen lebih rendah. Selain itu, sebuah penelitian pada tikus mencatat bahwa senyawa tanaman, termasuk antosianin, dalam kulit buah pir menunjukkan efek antidiabetes dan antiinflamasi.

Terlebih lagi, serat dalam pir juga dapat memperlambat pencernaan, memberi tubuh Anda lebih banyak waktu untuk memecah dan menyerap karbohidrat. Efek ini juga dapat membantu mengatur kadar gula darah, berpotensi membantu mencegah dan mengendalikan diabetes.