Pernyataan Panglima TNI:Seluruh Awak Kapal KRI Nanggala 402 Dinyatakan Gugur

Liputanberitaku.com–  Seluruh awak KRI Nanggala-402 dipastikan telah gugur,berikut pernyataan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Hal ini setelah citra bawah air KRI Rigel dan ROV kapal MV Swift Rescue dari Singapura, yang mencari kapal selam buatan Jerman itu menemukan bukti otentik.

Pernyataan panglima TNI itu diperkuat dengan adanya Bukti yang ditemukan yakni kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan.

Selanjutnya, kemudi selam muncul,dan  bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK 11 juga muncul.

“Setelah berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat kita nyatakan, bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya yang berada didalam kapal itu telah gugur,” kata Hadi, dalam jumpa pers di Bali, Minggu (25/4/2021).

Panglima TNI juga telah menyampaikan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas musibah yang menimpa ini, terutama  kepada seluruh keluarga para awak kapal selam tersebut.

“Atas nama prajurit dan keluarga besar TNI saya sampaikan rasa dukacita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur,” kata Hadi.

Diberitakan sebelumnya, kapal selam Nanggala KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang kontak pada hari Rabu (21/4/2021). Kapal selam buatan Jerman ini dinyatakan hilang kontak saat sedang melakukan latihan menembak torpedo di laut utara Bali.

Setelah dilakukan berhari hari pencarian, Pada akhirnya ,pada hari sabtu (24/4/2021) kapal selam nanggala 402 telah dinyatakan tenggelam. Hal tersebut telah  diperkuat bukti setelah ditemukannya sejumlah serpihan bagian KRI Nanggala-402.

 

 

artikel asli