5 Tips agar Presentasi Lancar dan Menarik

Tips agar Presentasi Lancar — Tidak gampang memang lakukan sebuah presentasi di muka umum. Terkadang, rasa grogi menghantui siapa yang akan lakukan presentasi. Rasa grogi memang lumrah dirasa saat harus tampil di depan beberapa orang.

Tetapi, tidak berarti kamu harus terkuasai oleh hati itu. Selainnya harus menangani rasa grogi, kunci supaya presentasi jadi menarik ialah bagaimana audience dapat pahami isi presentasi dan tertarik memerhatikan presentasi selama waktu yang disiapkan.

Untuk ini, Head of The British Institute (TBI) Digital Learning, Yayu Roesman mempunyai trick supaya presentasi berjalan mulus. Bekerjasama dengan Connext Community, Yayu dengan percaya diri menjelaskan siapa saja dapat menangani permasalahan saat presentasi. “Bila ingin presentasi lancar, pertama yang harus dilaksanakan ialah membuat beberapa poin apa yang berada di presentasi,” katanya saat jadi pemateri di The Key Parts In The Bodi Of Presentation lewat virtual awalnya April kemarin.

5 Tips agar Presentasi Lancar

Tips agar Presentasi Lancar
Tips agar Presentasi Lancar

 

Berikut panduan presentasi lancar dan menarik:

1. Ketahui audience

Kuncinya, dapat lebih dulu mengenal audience. Lantas siapa yang hendak dengarkan presentasi? Rekanan kerja atau atasan atau seseorang? “Ketahui apa topik yang dibawa apa benar-benar ingin mereka dengar dan apa yang mereka harap dari presentasi. Terhitung, ketahui seperti apakah audience hingga kamu tidak salah berbicara atau berkesan berlagak tahu,” sambungnya. Analisis siapa audience yang ada hingga kamu dapat ketahui style bicara dan tehnik pengutaraan yang tepat. Lantas pikir peluang pertanyaan yang kamu temui. Terhitung style kenakan pakaian, Yayu merekomendasikan bila acara bau sah pasti kamu harus memakai baju resmi dan rapi. Bila acaranya cukup rileks, kamu juga dapat membuat penampilanmu casual.

2. Manage waktu

Selainnya harus menyiapkan diri terlebih dahulu dari jam presentasi diawali, tetapkan berapa lama presentasi mu dilaksanakan. Presentasi melewati saat yang diberi dapat disebutkan tidak santun, terutama bila masih tetap ada rekanan yang lain berbaris untuk lakukan presentasi juga.

“Terlampau panjang tidak bagus. Bila ingin memakai video atau lagu upayakan janganlah sampai melewati 2 menit,” Kata Yayu.

3. Lihat bahasa badan dan langkah berbicara

Lihat juga bagaimana bahasa badan kamu sepanjang presentasi, karena bahasa badan akan mempengaruhi bagaimana pesan kamu tersampaikan.

Dia memberikan contoh, untuk menghindar silangkan lengan di dada, atau mondar-mandir di atas pentas. Bikinlah pergerakan yang lebih terbuka, optimis, dan alami sepanjang kamu presentasi. Yakinkan untuk jaga kecepatan saat bicara dan pakai suara suara yang lain untuk mengutamakan beberapa poin yang perlu dan mengundang perhatian audience.

4. Rancang visualisasi presentasi

Penting untuk seorang pembawa acara, membuat visual slide presentasi. Pakai kalimat simpel, berbentuk point dan tidak boleh membuat point yang kepanjangan. “Presentasi itu harus terdiam pada ala-ala yang dibahas. Jika orang menyaksikan slide yang kepanjangan dan banyak kata, lelah,” terangnya. Terhitung saat memakai tabel, jauhi tabel yang kebanyakan berisi angka dan deskripsi tabel yang dibikin miring. Tabel yang memikat, yang kurang pemakaian kata. “Terhitung meminimalisir jumlah slide, pilih font yang gampang dibaca lalu ukuran font yang bisa dibaca audience dari terlalu jauh dan jadikan text masih tetap simpel dengan memakai point atau kalimat singkat,” tutupnya.

5. Ikut sertakan audience

Seterusnya tidak boleh sangsi untuk mengikutsertakan audience saat sampaikan presentasi. Bukannya cuman terdiam pada monitor presentasi, coba untuk mengikutsertakan peserta pada presentasi.

Salah satunya langkah misalnya dengan ajukan beberapa pertanyaan ke audience yang bisa tumbuhkan ketertarikan pada topik ulasan presentasi.