UNS Akan Buka Prodi Baru

Liputanberutaku.com – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mencanangkan untuk membuka Program Studi (Prodi) baru. Prodi baru yang akan dibuka, yakni S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok.

Dekan FIB UNS, Warto menyatakan, pembukaan prodi baru itu merupakan dukungan dari Xinhua University. “Kami dari FIB mohon dukungan dari UNS dan didukung Xinhua University akan dirikan Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok,” kata Dekan FIB UNS Warto, melansir laman UNS, Selasa (27/4/2021).

Dia mengaku, pembukaan Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok ini terinspirasi dari suksesnya Prodi D3 Bahasa Mandarin yang dulu masuk ke FIB. Akan tetapi Prodi D3 Bahasa Mandarin sudah beralih ke Sekolah Vokasi UNS.

Selain itu, dukungan dari Xihua University juga menjadi salah satu alasan Prodi ini dicanangkan untuk berdiri tegak di UNS. Sekedar informasi, sejak 2018 lalu FIB UNS telah melakukan kerjasama dengan Fakultas Sastra dan Jurnalistik, Xihua University, Tiongkok.

Kerjasama itu salah satunya berbentuk dukungan tenaga pengajar dari Xihua University, Tiongkok sebagai penutur jati mengajar mahasiswa UNS.

Kerjasama kedua universitas ini semakin kokoh saat didirikannya Pusat Bahasa Mandarin UNS yang berkolaborasi dengan Confucius Institute

Baca Juga : Bantuan PIP 2021 Kembali Dibuka Untuk Anak Sekolah SD, SMP dan SMA, Simak Cara Daftarnya!

Confucius Institute merupakan lembaga pelatihan bahasa Mandarin internasional di bawah Chinese International Education Foundation yang berkantor pusat di Beijing, Tiongkok. Keberadaan Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok nantinya diharapkan dapat mempererat hubungan antara Indonesia dan Tiongkok dalam hal kebudayaan.

“Mudah-mudahan ini menjadi sarana yang baik untuk membangun kerja sama yang semakin erat dengan Tiongkok dan negara-negara yang lain,” ucap Warto. Hingga saat ini, sebut dia, pihak FIB masih mengusahakan dan mempersiapkan pembukaan prodi tersebut.

“Semoga persiapannya berjalan dengan lancar sehingga Prodi ini dapat segera dibuka,” harap Warto. Asal tahu saja, FIB UNS baru memiliki 5 Program Studi. Yakni, Prodi Ilmu Sejarah, Prodi Sastra Daerah, Prodi Sastra Indonesia, Prodi Sastra Inggris, dan Prodi Sastra Arab.

Nilai akreditasi dari semua prodi yang ada di FIB UNS adalah A.

 

 

 

artikel asli