Apple Merilis iOS 14.5, Pembaruan Terbesar Sejak iOS 14 Pertama Kali Diluncurkan

www.liputanberitaku.com—Hari ini adalah harinya Apple akhirnya merilis iOS 14.5 dan iPadOS 14.5 di seluruh dunia setelah periode beta yang lebih lama dari biasanya. Jika Anda menggunakan perangkat yang didukung, Anda perlu mencari pembaruan di halaman Pembaruan Perangkat Lunak di Pengaturan untuk iPhone, iPad atau iPod touch.

Ini bisa dibilang pembaruan terbesar dalam siklus iOS 14, dimulai dengan iOS 14.0 dan iPadOS 14.0 16 September lalu. Perubahan paling signifikan bagi banyak orang adalah transparansi pelacakan aplikasi, kebijakan baru yang mewajibkan pengembang aplikasi untuk mengizinkan pengguna melacak pengguna di seluruh aplikasi.

Tetapi iOS 14 dan iPadOS 14.5 memperkenalkan solusi yang telah lama dibutuhkan untuk menggunakan ID Wajah saat mengenakan masker, dukungan untuk aksesori AirTag baru, sejumlah perubahan untuk membuat pengalaman dalam perangkat lunak lebih lengkap untuk berbagai pengguna, Siri baru. fungsi dan suara dan lainnya termasuk Pengingat, Berita, Musik dan Podcast.

Inilah yang dapat Anda harapkan saat menginstal perangkat lunak baru.

Transparansi pelacakan aplikasi

Sumber gambar: arstechnica.com

Fitur Apple yang telah lama ditunggu dan ditunggu serta kebijakan transparansi pelacakan aplikasi sekarang akan sepenuhnya efektif dengan rilis iOS 14.5 dan iPadOS 14.5 hari ini (selain tvOS 14.5, yang ditulis sebelumnya hari ini).

Sebagian besar aplikasi pada perangkat ini di App Store menggunakan teknik pelacakan yang disebut ID untuk Pengiklan (IDFA) untuk melacak aktivitas pengguna di beberapa aplikasi yang diterbitkan oleh beberapa perusahaan, untuk menginformasikan penargetan iklan serta data dan pendapatan teknik pengumpulan lainnya.

Tahun lalu, Apple mengumumkan akan mulai mewajibkan semua aplikasi untuk meminta izin kepada pengguna untuk melakukannya berdasarkan aplikasi demi aplikasi. Memprediksi bahwa banyak pengguna akan keluar dan karena itu perubahan tersebut akan berdampak signifikan pada pendapatan, berbagai pengembang aplikasi dan jaringan iklan mengkritik langkah tersebut, mengatakan itu akan merugikan usaha kecil dan kecil.

Para kritikus ini tidak mengklaim hal ini: perpindahan tersebut kemungkinan besar akan berdampak signifikan pada keuntungan bagi banyak aplikasi yang mengandalkan iklan sebagai pendapatan. Tetapi Apple berpendapat bahwa kontrol pengguna atas bagaimana mereka dilacak dan bagaimana data mereka digunakan dan diakses adalah masalah utama.
Apple awalnya menunda perpindahan (awalnya direncanakan untuk versi pertama iOS 14), memungkinkan pengembang dan pengiklan lebih banyak waktu untuk bersiap. Pengenalan iOS dan iPadOS 14.5 hari ini adalah titik balik; persyaratan sekarang berlaku. (Beberapa aplikasi telah menerapkan ini sebelum rilis hari ini.

Baca Juga: AMD Ryzen 9 5900X Mendominasi Penjualan CPU di Amazon: Haruskah Intel Peduli?

Solusi Identifikasi Wajah Masker COVID: Gunakan Apple Watch

Face ID terlihat menggiurkan dibandingkan Touch ID pada umumnya setelah diperkenalkan pertama kali pada 2017, namun seperti yang kita ketahui bersama, wabah COVID-19 2020 telah menempatkan ponsel Face ID pada posisi yang sulit.

Karena orang-orang di seluruh dunia memakai masker untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain dari virus, ponsel ID Wajah tidak dapat menggunakan metode otentikasi utama mereka untuk melewati layar kunci atau menggunakan fitur seperti Apple Pay.

Sekarang, pengguna yang mengupgrade iPhone mereka ke iOS 14.5 dan jam tangan Apple mereka ke watchOS 7.4, yang baru saja dirilis, dapat membuka kunci ponsel tersebut dengan jam tangan tersebut.

Saat Anda mengenakan Apple Watch dan arloji tidak terkunci dan di samping iPhone Anda, Anda sekarang dapat melihat layar iPhone dan melihat arloji yang tidak terkunci dengan otentikasi Anda. Jam tangan mengirimkan umpan balik haptic untuk memberi tahu Anda bahwa iPhone tidak terkunci.

Ini berfungsi pada semua ID Wajah iPhone yang dipasangkan dengan Apple Watch Series 3 atau lebih baru, selama kedua perangkat menjalankan perangkat lunak terbaru.

Keragaman dan inklusi

Apple telah membuat beberapa perubahan kecil namun substansial untuk lebih mewakili pengguna iPhone di beberapa bagian iPhone dan iPad.

Pertama, Siri memiliki dua suara baru di Amerika Serikat, meniru bahasa Inggris Amerika hitam. Ini dapat ditemukan di halaman Siri suara di Pengaturan. Pilih “Amerika” dalam Variety dan Anda akan menemukan dua nada tambahan selain dua aksen Amerika yang ada: suara perempuan kulit hitam dan suara laki-laki kulit hitam.

Selain itu, Sirin tidak lagi memiliki satu suara pun, yang dianggap sebagai suara default. Pengguna dapat memilih dari beberapa opsi saat pertama kali mengkonfigurasi telepon.

Apple juga telah memperkenalkan emotikon baru yang memungkinkan pengguna mengekspresikan diri dengan lebih baik. Selain berbagai lencana hati dan malaikat baru, Apple telah mempekerjakan seorang wanita dengan beberapa emoji janggut berwarna kulit, serta kemampuan untuk memilih sendiri warna kulit di emotikon dua orang yang ingin memeluk pasangan dan sejenisnya. .

Fitur Siri dan Maps baru

Sumber gambar: arstechnica.com

Siri sekarang dapat digunakan untuk melakukan panggilan FaceTime dengan sekelompok orang; yang harus Anda lakukan adalah meminta untuk memanggil grup Pesan yang ada.

IOS dan iPadOS 14.5 memungkinkan Siri mengumumkan panggilan masuk melalui AirPods atau headphone Beats yang terhubung. Mereka juga mendukung “menelepon kontak darurat jika pemilik iPhone membutuhkan bantuan dan tidak dapat melakukan panggilan,” kata Apple.

Saat mengemudi, pengguna dapat memberi tahu Siri tentang bahaya di jalan sehingga mereka dapat memperingatkan pengemudi lain, misalnya, dengan mengatakan, “Hai Siri, kita mengalami kecelakaan di depan kita.” Pengguna tidak dapat memberi tahu Siri jika peristiwa yang tidak dilaporkan sebelumnya telah diselesaikan.
Dan sementara kami berurusan dengan topik mobil dan peta, kami menggunakan kesempatan ini untuk menyebutkan bahwa pengguna Maps sekarang dapat berbagi ETA dengan kontak kontak kontak kontak. Fitur ini sudah lama diminta oleh orang-orang. Selain itu, pengguna CarPlay dapat menggunakan Share ETA dengan Siri.

Pembaruan aplikasi Apple

Apple telah memperkenalkan beberapa fitur baru dan perubahan desain di beberapa aplikasi iOS miliknya. Misalnya, Podcast sekarang memiliki halaman acara yang didesain ulang, ditambah beberapa grafik teratas, serta kategori baru dan koleksi yang dikurasi di tab pencarian. Pengguna dapat menyimpan dan mengunduh episode satu per satu dan secara otomatis menambahkannya ke perpustakaan.

Apple News juga memiliki tab Apple News + baru yang menyediakan tempat penting untuk mengelola dan mendownload majalah dan surat kabar. Ada peningkatan lain untuk pencarian Anda, selain halaman hasil berbasis kategori.

Dengan app Fitness, Anda dapat melakukan streaming audio dan video Apple Fitness + ke TV atau perangkat apa pun yang kompatibel dengan AirPlay 2, memperluas layanan yang nyaman untuk digunakan di rumah atau di pengaturan lain.

Apple Music sekarang menawarkan kepada pengguna kemampuan untuk membagikan lirik individual melalui Pesan, Facebook, atau Cerita Instagram. Ini juga mencakup playlist khusus kota untuk beberapa pusat kota besar seperti Los Angeles, Chicago, Dublin, Berlin, Jakarta, Istanbul, Tokyo, Seoul, dan Dubai, antara lain.

Pengingat memiliki opsi pengurutan baru dalam daftar pengingat; pengguna dapat mengurutkan berdasarkan judul, prioritas, tanggal kedaluwarsa atau tanggal pembuatan. Mereka juga dapat mencetak daftar pengingat dalam aplikasi dengan formulir yang dapat diakses dengan mudah.

Grab bag

Ada fitur lain yang tidak sesuai dengan keranjang di atas. Mereka termasuk:

  • Dukungan untuk AirTag, alat geolokasi baru Apple.
  • Dukungan SIM ganda yang “mengaktifkan konektivitas 5G” pada sambungan menggunakan data seluler pada model iPhone 12
    Untuk mengubah kecepatan pemutaran di aplikasi Penerjemah, tekan dan tahan tombol putar
  • Kontroler DualSense untuk PlayStation 5 dan Xbox Series X | Dukungan untuk pengontrol S melalui Bluetooth.