Memaksimalkan Ponsel Dalam Fotografi

Disadari atau tidak, kita semua hidup di dunia modern sekarang. Dahulu kamera handphone (handphone) kita hanya digunakan untuk menelepon dan mendengarkan musik, oleh karena itu sekarang ini dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi, handphone dapat digunakan untuk mengabadikan setiap momen indah dan membahagiakan yang kita alami.

Dengan peningkatan fungsi kamera ponsel , jumlah pengguna juga akan meningkat. Memang hasil yang didapat dari kamera pintar masih terbatas, bukan hanya karena kualitas kameranya, tapi juga karena cara atau teknologi kita menggunakannya. Tidak peduli apa kamera telepon (ponsel) itu, jika Anda menggunakannya dengan benar, hasilnya tidak akan mengecewakan Anda.

  1. Pengaturan Cahaya Dengan Tepat
https://www.facebook.com/

Atur pencahayaan dalam pengambilan gambar, lebih tepatnya jika di luar ruangan cari tempat yang mempunyai cahaya yang cukup tidak terlalu terang atau gelap. Dan jika di dalam ruangan beri cahaya yang cukup, jika terlalu terang akan mempengaruhi hasil foto tersebut , akan menjadi silau, intinya pencahayaan itu di gunakan untuk memanipulasi White Blance dari foto tersebut

  1. Kemampuan Dari Ponsel Anda
https://www.expertreviews.co.uk/

Sebagai dasar kita harus mengetahui kemampuan dari ponsel yang kita gunakan baik dari fitur-fitur yang terdapat pada ponsel seperti halnya ada ponsel yang bagus di gunakan pada siang hari tapi tidak bagus jika di gunakan pada malam hari atau pencahayaan pada ponsel tersebut buruk, baiknya ponsel tersebut di gunakan pada siang hari saja untuk mendapatkan foto yang bagus. Lain halnya dengan ponsel yang mempunyai fitur yang sudah sempurna seperti IPhone maupun Samsung dapat di gunakan di siang maupun malam.

  1. Fokus
https://www.facebook.com/

Fokus sangatlah penting jika di gunakan dalam pengambilan foto, sehingga mendapatkan foto yang sempurna, biasanya kita hanya dalam pengambilan foto kunci fokus dan ambil foto yang kita inginkan dan seolah olah terdapat gradasi antara gambar blur dengan yang tidak, jika menggerakkan ponsel meminimalisir salah fokus yang kita ambil.

  1. Cari Angle Atau Sudut Pandang Yang Berbeda
https://www.facebook.com/

Fotografer yang kreatif akan mencari sudut pandang yang berbeda dalam pengambilan foto agar dapat menghasilkan foto yang berbeda dan estetik , dapat memanjakan orang yang melihat foto kita. Bisa di gunakan dengan pengambilan foto low angle atau dari bawah dengan jongkok atau high angle pengambilan foto dari atas. Nanti akan menghasilkan foto yang berbeda dan menarik.

  1. Zoom Manual (Mendekat Dengan Obyek)
https://www.facebook.com/

Keterbatasan kamera ponsel jika menggunakan zoom foto yang di hasilkan akan menjadi banyak grain atau tidak jelas hasil fotonya. Jadi mendekat dengan objek foto akan mengurangi tingkat grain pada foto dan hasilnya pun lebih halus dan jelas. Jadilah fotografer yang bijak dengan mengambil foto dengan mengisi semua frame dapat terlihat dengan jelas.

  1. Belajar Sesering Mungkin

Dengan  mengasah cara kita memotret kita akan mendapatkan eksperimen pengambilan foto yang tepat. Dengan sering kita mengatur preset atau pengaturan dalam fitur ponsel akan mendapatkan komposisi yang tepat dalam pengambilan gambar baik di ruang terbuka maupun di ruang tertutup. Kita dapat mengenali sudut sudut dimana kita tidak bias mengambil gambar yang bagus.

  1. Lensa Pada Ponsel Anda Harus Selalu Bersih

Setiap kali kita menggunakan Ponsel untuk memotret pastikan lensa selalu bersih, bersihkan dengan menggunakan kain yang lembut atau tissue yang lembut jika tidak akan membekas pada lensa ponsel anda. Itu akan mempengaruhi hasil foto yang kita ambil, seperti halnya foto akan terlihat blur atau ada kotoran yang akan menempel pada hasil foto anda. Jadi intinya jaga lensa ponsel anda agar tidak kotor.

  1. Kestabilkan Ponsel
https://rrofficial.net/

Gerakan dalam pengambilan foto akan mempengaruhi hasil foto anda usahakan tetap tenang dalam proses pengambilan foto. Jangan gerak gerak, foto akan kita ambil menjadi blur atau tidak jelas. Gunakan sandaran tangan dalam pengambilan foto seperti sandarkan pada dinding atau yang lainya agar stabil.

  1. Resolusi Yang Tinggi

Untuk mendapatkan foto yang bagus gunakan resolusi yang tinggi. Dengan begitu, dalam rincian foto itu akan bagus pula hasil yang tidak pecah jika diperbesar dan lebih jernih. Foto resolusi tinggi mempunyai file yang besar pula, apabila kita kirim pun semakin lama dalam prosesnya.

  1. Belajar Komposisi
https://www.facebook.com/

Pengaturan komposisi itu sangatlah penting. Karena pengetahuan komposisi yang benar akan membantu Anda menghasilkan gambar yang bagus. Memang mempelajari komposisi itu tidak mudah, tetapi tanpa komposisi sulit untuk membangun citra yang baik. Oleh karena itu, agar memudahkan Anda dalam mengatur komposisi, saat ingin mengambil foto, coba pertimbangkan kembali objek yang muncul di layar, apakah latar belakang dan objek sudah sesuai. Ini akan membantu Anda memikirkan tentang langkah selanjutnya dalam pemotretan.

 

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan kamera handphone untuk mengambil gambar sangat praktis dan mudah, namun perlu memperhatikan teknik dan cara tertentu agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain itu, perhatikan juga kamera ponsel Anda dan jaga kebersihannya untuk memberikan kualitas yang baik untuk setiap foto yang Anda ambil.

 

Demikian 10 Tips dalam memaksimalkan ponsel dalam Fotografi. Semoga bermanfaat dalam mengabadikan momen momen yang berharga, sedikit referensi buat anda semoga bermanfaat dalam pengambilan foto, dan selamat mencoba .

Penulis :Franciscus Ari