6 Jenis Roti Tawar yang Paling Populer di Indonesia

Liputanberitaku.com – Biasanya, roti tawar terbuat dari tepung, mentega, gula, ragi, garam, dan susu. Roti tawar original biasa disebut roti tawar putih. Selain roti tawar putih, ada banyak jenis roti tawar lainnya di dunia.

Meskipun berbeda, jenis roti tawar lain tetap menggunakan bahan dasar roti secara umum. Hanya saja, ada jenis roti tawar yang memerlukan bahan tambahan atau justru mengurangi bahan yang ada.

Dari banyak roti tawar, ketahui 6 di antaranya yang paling populer dan sering dikonsumsi oleh masyarakat dunia.

1. Ciabatta

https://merryboosters.com/

Ciabatta adalah jenis roti tawar yang berasal dari Italia. Mengutip dari Delish.com, ciabatta terbuat dari tepung terigu, garam, ragi, dan air. Meskipun teksturnya sedikit berbeda daribanyak roti, bahan dasar pembuatan ciabatta tetap sama. Ciabatta cocok digunakan untuk sandwich dan panini.

2. Baguette

https://www.bakingmad.com/

Baguette merupakan roti asal Perancis yang memiliki ciri khas bentuk dan teksturnya. Baguette berbentuk panjang dan bertekstur agak keras. Roti baguette masuk ke dalam salah satu jenis roti tawar. Perbedaan baguette dengan roti tawar pada umumnya terletak pada bahan pembuatannya.

Jika roti tawar biasanya menggunakan telur, pembuatan baguette tidak memerlukan tambahan telur. Hal tersebut jadi salah satu penyebab kenapa baguette bertekstur keras dibandingkan dengan roti tawar lainnya.

3. Roti multigrain

https://review.bukalapak.com/

Hampir mirip dengan roti gandum, jenis roti tawar ini menggunakan tepung dan tambahan biji-bijian sebagai bahan pembuatannya.

Seperti namanya, roti tawar ini terbuat dari lebih dari satu biji-bijian, di antaranya adalah rami, gandum, dan barley. Jenis roti tawar multigrain ini juga cocok diolah untuk sebagai roti bakar atau sandwich dengan tambahan alpukat di atasnya.

4. Roti gandum

https://jovee.id/8

Selain roti tawar putih, roti gandum juga merupakan jenis roti tawar yang paling populer.Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan mengatakan bahwa bahan pembuatan roti tawar putih dan roti gandum hampir sama.

Hanya saja, roti gandum hanya menggunakan tepung terigu sekitar 70-80 persen dari resep roti tawar putih dan sisanya diganti dengan tepung gandum agar tidak terlalu keras.

5. Roti tawar putih

https://lifestyle.kompas.com/

Jenis roti tawar ini adalah yang paling umum di dunia, tak terkecuali Indonesia. Roti tawar putih terbuat dari campuran tepung terigu tinggi dan rendah, mentega, ragi, gula, telur, dan susu.

Roti tawar putih bisa langsung disantap atau diolah menjadi banyak sajian, di antaranya adalah puding roti tawar, roti bakar, roti panggang dan lainnya.

6. Roti pita

https://cookpad.com/

Roti pita adalah jenis roti tawar yang berasal dari Timur Tengah. Roti ini berbentuk pipih dan terbuat dari tepung terigu.

Roti pita dimasak pada suhu tinggi dan memiliki ruang kosong seperti gelembung udara besar pada bagian tengah. Jenis roti tawar ini cocok dibuat sebagai sandwich falafel atau dipotong menjadi irisan dan dipanggang.

 

 

 

 

artikel asli