8 Bunga yang Langka di Indonesia & Dilindungi

Bunga Langka di Indonesia: Sebagai negara besar, Indonesia memiliki berbagai jenis flora. Berbagai jenis tumbuhan tumbuh subur di nusantara, meski banyak jenis tumbuhan yang tergolong langka dan terancam punah. Salah satunya adalah jenis bunganya yang populasinya mulai bertambah, berkurang dan sulit ditemukan. Upaya perlindungan dari pemerintah, masyarakat, hutan dan lembaga perlindungan lingkungan harus ditingkatkan agar bunga langka di Indonesia lestari, dilindungi dan terancam punah.

Bunga Langka di Indonesia

Resiko kepunahan tidak hanya pada tumbuhan, yang memiliki manfaat berupa kayu dan bahan lainnya. Berbagai jenis bunga di Indonesia juga terancam kelangsungan hidupnya di alam liar, baik dari faktor alam maupun dari aktivitas manusia.

  • 1. Bunga Bangkai

Ketika mendengar namanya, Anda bisa membayangkan bahwa kami memiliki bau yang tidak sedap. Padahal, bunga bangkai memiliki aroma yang tidak sedap. Siapa pun di sekitarnya tidak akan betah berlama-lama di sekitar bunga ini.

Tinggi maksimal bunga Bangka bisa mencapai 5 meter dan diameter bunga 1,5 meter. Bunga ini dapat beradaptasi dengan berbagai tempat dan merupakan tumbuhan parasit. Namun kini, bunga kanal dikabarkan sudah sulit ditemukan di hutan alam.

  • 2. Anggrek Hartinah

Bunga dengan nama ilmiah Cymbidium Hartinahiahium ini memiliki bentuk dan tampilan yang sangat indah, itulah sebabnya banyak kolektor tanaman hias menjadikannya sebagai hiasan rumah. Anggrek Hartinah dilaporkan tumbuh subur di pulau Sumatera pada tahun 1976. Namun, saat ini bunga Hartinah sulit ditemukan.

Nama anggrek Hartinah berasal dari istri mantan Presiden Soeharto. Karenanya bunga ini kadang disebut bunga Tien Soeharto. Ciri khas dari bunga anggrek ini adalah daunnya yang berbentuk pita runcing, bunganya berbentuk bintang dan memiliki kelopak berwarna merah kecoklatan. Juga, ada rona kuning di tepi kelopak yang membuatnya semakin menarik.

  • 3. Edelweiss Jawa

Bunga edelweis jawa juga merupakan salah satu bunga langka yang terdapat di indonesia. Ini jelas merupakan hal yang menyedihkan, terutama bagi para pecinta alam dan tumbuhan. Tumbuhan ini pernah ditemukan di banyak gunung di pulau Jawa dengan ketinggian antara 800 dan 3400 mdpl, seperti Gunung Gede, Gunung Papandayan, Gunung Rinjani hingga kawasan Bromo. Kabar terkini, Bunga Edelweis Jawa sudah punah di Taman Nasional Bromo.

Bunga edelweis dikenal sebagai bunga abadi karena dapat bertahan dalam jangka waktu lama dan tidak mudah rusak. Minimnya bunga berwarna putih dengan banyak cabang diyakini disebabkan oleh aktivitas para pendaki gunung yang sering memetik bunga edelweis.

  • 4. Anggrek Hitam

Anggrek hitam dengan nama latin Coelogyne pandurata ini merupakan bunga yang berasal dari Kalimantan dan Papua. Setiap anggrek di dua daerah tersebut juga memiliki perbedaan. Anggrek Hitam Kalimantan memiliki kelopak berwarna hijau dan putik hitam. Bunga endemik Indonesia ini umumnya tumbuh di pepohonan dan bebatuan. Namun saat ini keberadaannya sudah sulit ditemukan lagi karena bunga ini termasuk salah satu bunga langka di Indonesia.

  • 5. Anggrek Larat

Anggre Cooktown adalah nama latin untuk anggrek larat. Bunga asli Indonesia ini berasal dari Kepulauan Larat di Maluku dan menjadi bunga identitas orang Maluku. Ciri dari anggrek Larat adalah diameter batangnya semakin mengecil ke arah atas. Habitatnya tumbuh di daerah hangat dengan ketinggian 0 hingga 150 meter di atas permukaan laut.

  • 6.Anggrek Bulan

Anggrek bulan merupakan bunga yang dinobatkan sebagai salah satu pesona Indonesia oleh pemerintah. Di berbagai tempat di Indonesia anggrek ini dikenal juga dengan nama Anggrek Wulan, Anggrek Terbang dan Anggrek Menur. Bunga ini pertama kali ditemukan di Maluku. Anggrek bulan memiliki khasiat kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih, daun hijau panjang, akar berdaging, dan aroma harum saat bunganya mekar.Saat ini bunga Anggrek Bulan termasuk dalam daftar bunga langka di Indonesia. Upaya yang banyak dilakukan adalah melalui pembudidayaan agar populasinya tetap lestari.

tokopedia
  • 7. Anggrek Pensil

Anggrek endemik Indonesia ini memiliki nama ilmiah Coelogyne pandurata dan pertama kali ditemukan di kawasan Labuan, Kalimantan. Ciri khas bunga anggrek pensil adalah akar bulat yang keluar dari batang dan berwarna hijau. Anggrek pensil merupakan salah satu anggrek langka di Indonesia.

  • 8.Bunga Kantong Semar

Kantong semar adalah tumbuhan bunga insektivora. Bentuknya seperti kantong dan ukurannya cukup besar. Kantong semar memiliki kelenjar nektar yang terdapat katup di luar kantong dan berfungsi untuk menangkap serangga.

kompasiana.com

Kelenjar nektar menghasilkan aroma harum yang menarik serangga untuk masuk. Selain di Indonesia, bunga ini juga menyebar ke negara lain di Asia Tenggara. Saat ini populasi karung semar semakin menurun dan menjadi salah satu bunga langka di Indonesia.

#artikel-asli