Manfaat Madu Manuka dari New Zealand, Bisa Untuk Sakit Mag

liputanberitaku.com–Madu manuka dari New Zealand kian populer di Indonesia. Madu manuka adalah madu yang dihasilkan lebah dari mengambil sari dari pohon manuka yang memang khas Selandia Baru.

Informasi resmi New Zealand Trade and Enterprise mencatat ada 3 manfaat madu manuka untuk kesehatan seperti penjelasan berikut:

1. Melindungi sistem pencernaan (sakit mag)

Mag atau rasa terbakar di ulu hati merupakan masalah pencernaan yang lumrah terjadi. Selain melalui pengobatan medis, orang yang menderita penyakit ini harus makan dalam porsi kecil sering-sering, tetapi tentunya hal itu tidak mungkin dilakukan saat berpuasa.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri H. pylori atau inflammatory bowel disease (IBD) atau peradangan di saluran usus. Jika tidak diatasi, penyakit ini bisa berkembang menjadi masalah lainnya yang lebih bahaya, misalnya pendarahan di saluran pencernaan. Namun, konsumsi rutin madu m?nuka dengan konsentrasi MGO yang tinggi, paling tidak UMF 13+, telah dibuktikan melalui uji klinis mampu membunuh bakteri ini.

UMF adalah penanda kualitas yang mensertifikasi sebuah produk madu manuka telah memenuhi standar ketat kemurnian dan kualitas. Cara melindungi pencernaan dengan madu manuka, disarankan untuk meminum sesendok madu m?nuka saat sahur dan berbuka puasa agar madu melapisi dan melindungi perut. Lebih baik lagi, kamu bisa mengonsumsi madu m?nuka dengan kandungan UMF 15+ untuk menciptakan lingkungan anti mikroba yang mampu menghantam bakteri di dalam usus besar

2.Meredakan jerawat

Senyawa kimianya yang bersifat anti peradangan dan memiliki pH rendah mampu memperbaiki kondisi kulit. Penggunaan madu manuka juga disebutkan baik untuk merawat kondisi kulit lain, misalnya eksim, psoriasis, kulit lutut yang kering, bahkan bibir pecah-pecah. Caranya membuat madu manuka sebagai perawatan topikal (oles) ke permukaan kulit. Cara meredakan kulit berjerawat dengan madu manuka, bisa dioleskan sebagai pelembab atau pencuci wajah.

3. Alternatif pengobatan untuk penyakit pernapasan

Secara uji klinis madu manuka telah dibuktikan kemampuannya sebagai alternatif dari obat antibiotik dalam perawatan cystic fibrosis. Ini adalah suatu infeksi pernapasan yang disebabkan bakteri mematikan. Berdasarkan penelitian di Universitas Oxford, madu manuka mengandung hidrogen peroksida efektif menangani infeksi saluran pernapasan atas (URTI).

 

 

 

 

 

 

Artikel asli