Tips Membuat Lontong agar Padat dan Tahan Lama

Tips Membuat Lontong —Lontong juga sering disajikan saat Lebaran. Beberapa orang lebih memilih membuat lontong karena praktis. Sama halnya ketupat, lontong pun terbuat dari beras yang dimasak dengan metode rebus atau kukus. Namun bedanya, bungkus lontong menggunakan daun pisang

Untuk menghasilkan lontong yang padat dan tidak cepat lembek, ada tips khusus yang harus kamu praktikkan. Berikut tips membuat lontong padat :

Tips Membuat Lontong agar Padat dan Tahan Lama

1. Pakai beras kualitas bagus

Cara supaya lebih pulen dan padat, gunakanlah beras yang berkualitas. Jangan gunakan beras pera karena dapat membuat tekstur lontong mudah hancur setelah dimasak. Jenis beras yang bisa kamu gunakan misalnya IR 64 atau mentik.

2. Aron beras terlebih dulu

Beras yang digunkan baiknya diaron terlebih dulu supaya cepat matang. Pengaronan pun dapat membuat lontong lebih pulen, padat, dan tahan lama.

Jika belum tahu, teknik aron adalah teknik memasak zaman dahulu, di mana beras direndam dalam air lalu dikukus setengah matang. Selanjutnya, beras dimasak sesuai resep.

3. Jangan diisi penuh

Lontong jangan diisi beras terlalu banyak. Sebab, setelah matang beras akan mengembang dan memadati pembungkusnya. Guna mengantisipasi agar lontong tidak buyar, maka isi beras sekitar sepertiga atau setengah bagian saja.

4. Rebus dengan posisi berdiri

Lontong harus direbus hingga terendam agar matang merata dan tidak ada bagian yang buyar. Selain itu, lontong pun harus direbus dengan posisi berdiri. Hal ini perlu dilakukan agar tak ada air yang menggenang di dalam lontongnya. Jadi, lontong lebih padat dan tidak mudah basi.

Waktu merebus atau mengukus lontong tergantung dari panci yang digunakan. Oleh sebab itu, baiknya cek lontong secara berkala untuk mengecek kematangannya. Jangan lupa tiriskan lontong dan dinginkan sebelum dipotong dan dihidangkan.

Kesimpulan 

Itulah tadi Tips Membuat Lontong untuk ibu-ibu dirumah agar supaya lontong tetap padat dan awet hingga matang, mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Jika ada pertanyaan silahkan ajukan pertanyaan langsung ke redaksi liputanberitaku.com,  semoga artikel ini bermanfaat!!