Cara Mudah Belajar Fotografi

Saat ini, fotografi digital dianggap paling populer tidak hanya di industri bisnis tetapi juga untuk penggunaan pribadi. Bagi siapa pun yang menyimpang dari kamera film, sangat penting untuk memahami berbagai istilah yang terkait dengannya.

Bagian pertama dari tutorial fotografi digital berfokus pada bagian dan istilah dasar yang perlu Kalian ketahui sebelum mengoperasikan kamera digital Kalian. Berikut adalah istilah umum yang digunakan dalam fotografi digital:

1. Pixel – berarti bagian terkecil dari foto digital. Foto itu terdiri dari jutaan gambar.
2. Resolusi – jumlah total piksel dalam foto. Meningkatkan resolusi membuat gambar lebih tajam. Dengan demikian, diperlukan lebih banyak piksel untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik.
3. Mega Piksel – Foto tiga hingga empat megapiksel akan memiliki kualitas yang lebih baik daripada foto yang hanya berukuran mega piksel.
4. Dots per inch (DPI) – Istilah ini menjelaskan kualitas monitor komputer dan printer. Secara khusus, printer laser memiliki resolusi yang lebih tinggi daripada monitor. Oleh karena itu, resolusi yang lebih tinggi berarti kualitas yang lebih baik.
5. JPEG (Kelompok Ahli Bersama Ahli Fotografi) – sesuai dengan format untuk menyimpan gambar ke kamera digital.
6. Kartu memori – file digital disimpan di sini. Kartu memori tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas. Kartu memori dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar lebih nyaman untuk dibeli.
7. LCD (Liquid Crystal Display) – Hampir semua kamera digital memiliki spesifikasi ini. Tujuan dari LCD adalah agar fotografer melihat pemKalianngan untuk pertama kalinya sebelum mengambil foto.

Sekarang setelah Kalian memahami bagian pertama dari tutorial fotografi digital, bagian kedua pada dasarnya adalah tentang menangani kamera digital dengan benar.

Penanganan yang benar atas kamera digital Kalian adalah langkah penting berikutnya dalam fotografi digital. Ini karena kesuksesan seorang fotografer digital bergantung pada performanya. Dan kunci untuk mendapatkan foto berkualitas adalah bagaimana Kalian menggunakan dan mengelola kamera digital Kalian.

Memahami cara kerja kamera digital, memahami strategi fotografi, dan mengambil gambar di dalam dan luar ruangan adalah bagian dari apa yang perlu dipelajari oleh seorang pemula.

Di bawah ini adalah bagian kedua dari tutorial fotografi digital. Ini adalah ide bagus bagi pemula untuk mempelajari rahasia fotografi.

1. Perhatikan topiknya

Salah satu tip fotografi digital paling dasar. Kalian harus bisa menulis dengan hati-hati dengan mengerjakan bingkai. Mainkan dengan kamera Kalian dan temukan jepretan berbeda. Hindari menempatkan objek di tengah foto, karena hal ini dapat mengakibatkan kebuntuan gambar.

2. Ambil foto close-up

Ambil foto yang bagus dengan menangkapnya dari dekat. Close-up memberikan sedikit kreativitas dan kegembiraan pada foto. Selain itu, fitur ini hanya menawarkan berbagai cara untuk menyempurnakan foto Kalian.

3. Gunakan tripod

Kamera digital sering kali menghasilkan foto yang buram jika tangan Kalian sedikit bergetar. Membeli tripod pasti akan menghemat upaya Kalian untuk mengambil foto berkualitas rendah dan menyimpan foto Kalian yang luar biasa.

4. Aktif

Coba bidikan kreatif. Ambil foto dari puncak bukit atau sisi kapal pesiar. Pergilah ke luar dan jelajahi lingkungan Kalian. Kalian pasti akan merasa senang setelah mengambil foto-foto ini dalam hidup Kalian.

5. Bergabunglah dengan departemen fotografi

Pembelajaran tidak hanya terfokus pada bagian praktis. Kalian tidak hanya harus belajar dari pengalaman. Belajar dari seorang ahli juga akan membantu Kalian mengembangkan keterampilan Kalian sebagai fotografer. Cobalah bergabung dengan pelajaran foto di komunitas Kalian, atau daftar jika ada pelajaran online.

Menjadi fotografer digital profesional memang membutuhkan waktu. Yang harus Kalian lakukan adalah menjadi banyak akal dan terus mencoba teknik baru. Mulailah dengan mempelajari tutorial fotografi digital karena ini akan menjadi batu loncatan untuk mengembangkan karir masa depan Kalian.