Hati-Hati Gula Darah Naik, saat Lebaran

liputanberitaku.com– Berhati-hati saat rayakan Idul Fitri dengan konsumsi makanan nikmat, bisa jadi gula darah naik tajam. Apa lagi bila banyak terkandung karbohidrat seperti ketupat, oseng kentang sampai lontong.

Saat gula darah Anda terlampau tinggi, suntik insulin bisa saja langkah cepat untuk menurunkannya. Tapi bila tiba-tiba seperti saat lebaran, pasti harus cari alternative yang lain.

Tapi bila Anda alami ketoasidosis diabetik (DKA), karena itu harus selekasnya cari kontribusi klinis. DKA ialah kompleksitas serius dari diabetes type 1, dan, lebih jarang-jarang pada diabetes type 2. Itu terjadi saat gula darah tinggi sekali dan zat asam yang disebutkan keton menimbun sampai tingkat beresiko.

Tanda-tanda DKA bisa mencakup biasanya buang air kecil, haus yang paling berlebihan, mual atau muntah, dan dibarengi dengan sakit di perut.

Anda harus juga cari kontribusi klinis bila alami tanda-tanda gula darah tinggi yang beresiko. Ini dapat terhitung rasa haus yang terlalu berlebih, harus kerap ke kamar mandi, mual, dan sakit di perut.

Panduan turunkan gula darah alami di dalam rumah
Diambil Sahijab dari Healthline, bila kandungan gula darah Anda tinggi, ada banyak sistem yang bisa Anda pakai untuk menurunkannya secara cepat:

Berikan insulin

Berbicaralah sama dokter mengenai berapa banyak insulin yang perlu disuntikkan. Check gula darah Anda sekitaran 15 sampai 30 menit sesudah memberinya insulin, untuk pastikan gula darah urun dan tidak begitu rendah.

Olahraga

Kegiatan fisik mengakibatkan badan memerlukan glukosa untuk energi. Mengakibatkan, beberapa sel mengirim glukosa ke otot, dan kandungan gula darah umumnya turun. Anda wajib melakukan olahraga yang membuat jantung memompa bisa lebih cepat dari umumnya. Misalkan, jalan cepat.

Minum air putih

Minum air putih bisa menolong badan melepas semakin banyak urin dan karena glukosa darah. Tetapi, Anda jangan minum kebanyakan air bila alami permasalahan jantung atau ginjal.

Makan cemilan berprotein tinggi

Meskipun rasanya aneh untuk kurangi gula darah, makanan kaya protein tinggi bisa menolong memantapkan gula darah. Penting makanan tinggi protein – bukan karbohidrat. Contoh satu genggam almond.

Kapan harus ke UGD.

Gula darah tinggi dapat benar-benar memprihatinkan, karena badan mulai dapat membakar lemak untuk energi bukannya membakar glukosa darah. Ini bisa mengakibatkan keadaan seperti DKA dan sindrom hyperglycemic hyperosmolar (HHS). Keadaan ini ialah kondisi genting klinis dan bisa berpengaruh fatal bila tidak diatasi.

Tanda-tanda yang membuat Anda harus ke ruangan gawat darurat termasuk:

  • Kandungan gula darah di angka 250 mg / dL atau semakin tinggi
  • Test dipstick urin yang positif untuk keton
  • Haus yang berlebihan
  • Kerap buang air kecil
  • Mual
  • Napas sesak
  • Sakit di perut
  • Muntah

Kiat hidup sehat

Baiknya, Anda bisa mengurus diabetes secara jaga kandungan gula darah supaya masih tetap normal. Berikut cara-cara untuk melakukan:

  • Makanlah makanan yang stabil, jaga konsumsi karbohidrat yang konstan, jauhi makanan “kalori kosong” atau makanan buatan.
  • Makan semakin banyak beberapa bijian, buah-buahan, sayur, protein tanpa lemak, dan makanan kaya serat.
  • Turunkan depresi, karena bisa tingkatkan gula darah. Coba beberapa hal seperti meditasi, dengarkan musik, jalan kaki singkat dan minum air putih teratur.
  • Tidur malam berkualitas dapat menolong kurangi depresi dan menyamakan kandungan gula darah. Matikan piranti electronic satu jam saat sebelum tidur, dan yakinkan ruang sejuk, gelap, dan tenang.