Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan

Liputanberitaku.com — Folat atau asam folat ialah turunan vitamin B yang tidak dapat dibuat secara berdikari oleh badan. Karena itu, tiap orang perlu konsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat seperti hati sapi, bayam, kangkung, brokoli, sampai jeruk.

Dalam keadaan tertentu seperti hamil atau anemia, dokter mereferensikan suplemen asam folat untuk pasiennya. Berikut sejumlah faedah asam folat untuk kesehatan yang jangan diremehkan:

1. Menjaga kesehatan otak

Kekurangan asam folat dapat turunkan peranan otak dan tingkatkan resiko demensia. Study lain mengutarakan, pasien alzheimer yang teratur konsumsi suplemen asam folat bisa dibuktikan peranan otaknya lebih baik.

Disamping itu, study pada 2019 menunjukkan 180 orang dewasa dengan masalah kognitif enteng yang teratur konsumsi asam folat sekitar 400 mcg setiap hari sepanjang 2 tahun bisa dibuktikan mempunyai IQ verbal yang lebih bagus.

2. Mengontrol gula darah

Mengatur kandungan gula darah untuk pasien diabetes. Zat nutrisi ini bermanfaat untuk kurangi kekebalan insulin, menahan kompleksitas diabetes seperti neuropati, dan tingkatkan peranan pembuluh darah pasien diabetes.

3. Menunjang pengobatan depresi

Permasalahan kesehatan stres rupanya erat berkaitan dengan asam folat. Riset memperlihatkan, pasien stres badannya condong berkadar asam folat yang lebih rendah dibanding orang tanpa stres.

Study lain menunjukkan, pasien stres yang minum obat antidepresan dan cukup konsumsi asam folat bisa dibuktikan tanda-tanda penyakitnya menyusut secara berarti.

4. Mengurangi peradangan

Menolong kurangi peradangan atau inflamasi. Khususnya pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan anak-anak dengan masalah epilepsi.

5. Mencegah bayi cacat lahir dan komplikasi kehamilan

Ibu hamil atau wanita yang promil (program kehamilan) untuk memerhatikan konsumsi asam folat tiap hari. Anjuran itu bukanlah tanpa dasar.

Merilis Healthline, peranan asam folat penting untuk menahan abnormalitas bawaan pada bayi dan kompleksitas kehamilan. Ibu hamil yang kekurangan asam folat buah hatinya rawan terserang cacat tabung saraf seperti spina bifida dan anencephaly. Disamping itu, kecukupan konsumsi asam folat sampai umur kandungan ibu hamil capai 3 bulan bisa juga menahan preeklamsia.