Cara Pencahayaan Foto Digital untuk Hasil yang Sempurna

Fotografi digital dapat dimaksimalkan secara maksimal setelah Kalian memiliki kamera yang sempurna, warna yang tepat, dan pencahayaan yang sempurna. Meskipun Kalian membawa model kamera digital terbaru, foto Kalian tidak akan bagus jika Kalian tidak menggunakan strategi yang tepat untuk mendapatkannya.

Pakar fotografi digital telah menyadari bahwa kamera digital hanyalah salah satu hal yang Kalian butuhkan untuk memiliki foto yang bagus. Ada juga faktor lain yang perlu diperhatikan agar Kalian tidak kecewa dengan hasilnya. Salah satunya adalah lighting fotografi digital.

Pernahkah Kalian melihat foto digital yang terlihat buram dan tidak bisa dibedakan? Ada banyak kasus seperti ini. Bahkan jika Kalian mencoba mengeditnya menggunakan Photoshop atau perangkat lunak lain, Kalian tidak bisa mendapatkan pencahayaan yang Kalian inginkan.

Ini karena Kalian tidak mempertimbangkan pencahayaan yang tepat saat foto diambil. Kalian mengira kamera dan fitur-fiturnya dapat melakukannya untuk Kalian. Ya bisa. Tetapi mereka mungkin tidak memenuhi harapan Kalian.

Rahasia untuk mendapatkan gambar yang sempurna adalah melakukannya dengan benar pada kali pertama. Melakukan ini dengan benar berarti Kalian perlu memikirkan tentang seberapa baik atau buruk pencahayaan dalam proses pengambilan foto.

Di bawah ini adalah beberapa sumber alami pencahayaan fotografi digital yang akan membuat foto Kalian tampak hebat.
1. Setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam.

Pada saat inilah fotografi berada pada puncaknya. Artinya, foto terlihat bagus saat diambil setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam. Karena memang begitu?

Ini karena warna oranye yang muncul di langit selama waktu-waktu ini menambah warna kemampuan kamera digital Kalian. Seringkali, beberapa foto tampak kusam dan tidak realistis saat dicetak karena representasi warna saat dicetak.

Warna ambient dapat menambah semacam kecerahan pada foto Kalian. Selain itu, akan mudah bagi Kalian untuk mengeditnya di komputer Kalian setelah Kalian merasa ingin memasukkan beberapa kombinasi ke dalam lingkungan alami gambar.

2. Sinar matahari.

Sinar matahari adalah bentuk pencahayaan yang sangat efektif setelah Kalian mengetahui cara mengedit bidikan Kalian. Ingatlah bahwa Kalian tidak dapat mengubah kecerahan matahari atau bayangan yang dapat dibuatnya pada foto Kalian.

Terserah Kalian untuk memilih lokasi terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari cahaya yang dipancarkan matahari. Gunakan mereka untuk keuntungan Kalian. Cobalah sudut yang berbeda dan lihat apakah terlihat sempurna setelah dibekukan.

Kalian juga dapat memanfaatkan bayangan yang diciptakan oleh sinar matahari. Pastikan saja mereka tidak memburamkan foto Kalian. Untuk sedikit perubahan, Kalian cukup mengedit foto langsung dari komputer Kalian.

Mengambil foto digital bukan hanya tentang memiliki kamera digital paling canggih. Ini juga tentang mencari strategi dan teknik yang akan menguntungkan bidikan Kalian. Cobalah mengambil foto Kalian dalam pencahayaan yang sempurna dan Kalian akan melihat bahwa tidak perlu mengubah atau menambahkan warna lain.