Apa Benar Daun Pepaya Bisa Obati Demam Berdarah?

liputanberitaku.com– Demam berdarah dengue (DBD) ialah penyakit infeksi yang disebabkan karena virus dengue. Virus ini disebarkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang awalnya sudah terkena oleh virus dengue dari pasien DBD yang lain. Penyakit DBD tidak disebarkan langsung dari orang pada orang.

Penyakit ini dideteksi sekitaran tahun 1950, sebagai kasus peristiwa penyakit yang cukup kerap diketemukan di wilayah tropis seperti Indonesia, khususnya pada masa musim hujan. Dikutip Mayo Clinic, beberapa orang tidak alami pertanda atau tanda-tanda infeksi dengue. Bila tanda-tanda betul-betul ada, kemungkinan dapat disalahpahami sebagai penyakit lain, seperti flu dan umumnya diawali empat sampai 10 hari sesudah seorang digigit nyamuk yang terkena.

Demam berdarah bisa mengakibatkan demam tinggi 40 derajat Celcius dan satu dari gejala dan tanda berikut:

  • Sakit di kepala Nyeri otot, tulang, atau sendi
  • Mual Muntah
  • Sakit di belakang mata
  • Kelenjar lebam
  • Ruam

Banyak orang dengan infeksi dengue dapat sembuh dalam satu minggu atau lebih.

Tetapi, dalam beberapa kasus, tanda-tandanya bisa lebih buruk dan dapat memberikan ancaman jiwa. Kasus demam berdarah yang kronis bisa mengakibatkan pengurangan kandungan trombosit pada darah. Kandungan trombosit yang rendah bisa berperan pada kenaikan resiko pendarahan dan mempunyai potensi fatal bila tidak diatasi.

Sudah pernahkah Anda dengar jika daun pepaya dapat digunakan sebagai langkah menyembuhkan demam berdarah dengan alami? Apakah benar daun pepaya dapat menyembuhkan demam berdarah?

Dikutip dari Health Line, daun pepaya terhitung penyembuhan yang ada untuk menangani tanda-tanda demam berdarah. Tiga riset pada manusia yang meibatkan beberapa ratus orang dengan demam berdarah mendapati jika konsentrat daun pepaya secara berarti bisa tingkatkan kandungan sel darah merah dan trombosit darah.

Langkah mengonsumsi daun pepaya untuk obati demam berdarah

Dikutip dari NDTV, Anda dapat konsumsi daun pepaya untuk menolong menyembuhkan demam berdarah dengan dibikin juice atau berbentuk suplemen yang telah ada. Antara ke-2 nya, konsumsi daun pepaya dengan dibikin juice daun pepaya dipandang lebih bagus dan semakin aman dibanding konsumsi suplemen daun pepaya.

Untuk membikin juice daun pepaya, Anda dapat ikuti cara berikut ini:

  1. Anda perlu membersihkan daun pepaya sampai bersih Anda bisa juga menggunting batangnya Anda perlu menggunting daun seperti menggunting kubis
  2. Tambah air masak yang telah dingin ke dalamnya
  3. Tambah daun ke jus dan juice daun ini
  4. Anda akan memperoleh cairan warna hijau tua

Juice daun pepaya condong mempunyai rasa yang paling pahit. Sesudah meminum, Anda dapat konsumsi sedikit makanan manis atau sedikit gula untuk tingkatkan rasa.

Untuk orang dewasa, dianjurkan agar bisa konsumsi 30 ml juice daun pepaya saat sebelum makan pagi pagi, 30 ml saat sebelum makan siang, dan 30 ml saat sebelum makan malam. Sementara, anak-anak bisa dikasih 5 sampai 10 ml juice pepaya, tapi yakinkan ini dilaksanakan secara ketat di bawah pemantauan klinis. Anda harus mempersiapkan juice daun pepaya fresh tiap hari.