Lokasi, Jadwal, Rilis Perangkat, Perangkat yang Support : Jaringan 5G Telkomsel

Liputanberitaku.com– Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi memberikan izin operasi yang sesuai kepada PT Telkomsel Seluler sebagai operator seluler 5G Telkomsel pertama di Indonesia. Seperti apa jaringan 5G Telkomsel? untuk perangkat yang mendukung jaringan baru.

Jadwal peluncuran 5G Telkomsel

https://dialeksis.com/

Menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi Johnny G Plate juga menambahkan izin operasi komersial 5G ke Telkomsel, yang diserahkan ke Telkomsel pada 21 Mei 2021.

Layanan 5G Telkomsel dijadwalkan akan diluncurkan pada 27 Mei 2021. Oleh karena itu, pelanggan Telkomsel esok hari dapat menggunakan jaringan 5G. Perlu diketahui, bagaimanapun, bahwa lokasi 5G Telkomsel pada awalnya terbatas.

Lokasi 5G Telkomsel .

Layanan jaringan 5G Telkomsel digunakan secara terbatas dan bertahap di enam lokasi perumahan di Jabodetabek dan kota-kota lain: Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar dan Bandung.

Sementara kota-kota lain akan menyusul. Keenam tempat tinggal tersebut adalah Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk (PIK), Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra dan Alam Sutera. Telkomsel berencana menggelar 5G di pita frekuensi 2,3 GHz dengan ketebalan pita 30 GHz sehingga jaringan 5G Telkomsel tetap di 2,3 GHz hingga 3 GHz.0 GHz.

Perangkat yang kompatibel dengan Telkomsel 5G

Melalui akun Instagram resminya, Telkomsel menyatakan bahwa saat ini terdapat beberapa ponsel atau perangkat yang mendukung 5G Telkomsel, yaitu perangkat dengan kemampuan 5SA Non-Stand Alone (NSA) di frekuensi 2300 MHz. Perangkat yang mendukung 5G Telkomsel meliputi:

https://sentralberita.com/
  • Oppo Reno 5
  • Oppo Find X2
  • Huawei Mate 40
  • Vivo X60
  • Vivo X60 Pro
  • Modem Orbit (Huawei 5G CPE Pro 2)

Apa itu 5G

5G adalah jaringan seluler generasi kelima yang mengikuti 1G, 2G, 3G dan Jaringan 4G adalah standar radio global baru?Jaringan 5G memungkinkan jenis jaringan baru yang dapat dihubungkan oleh hampir semua orang, termasuk mesin, objek, dan perangkat.

Teknologi nirkabel 5G ini dikatakan memiliki kecepatan data yang lebih tinggi, latensi yang lebih rendah, keandalan yang lebih tinggi, kapasitas jaringan yang masif, dan pengalaman pengguna yang lebih konsisten untuk lebih banyak konsumen. Kinerja dan efisiensi yang lebih baik diharapkan memungkinkan pengalaman pengguna baru dan menghubungkan industri baru.

Perbedaan jaringan seluler 5G dan generasi sebelumnya.

Generasi pertama (1G) yang masuk pasar pada 1980-an hanya menawarkan suara analog, sedangkan generasi kedua (2G) yang ada pada awal 1990-an, suara digital seperti Code Division Multiple Access (CDMA) kemudian memperkenalkan generasi ketiga (3G) yang ada di awal 2000-an mengantarkan data seluler, misalnya CDMA2000, sedangkan generasi keempat (4G) LTE pada 2010 mengantarkan era broadband seluler.

5G adalah jaringan terintegrasi dan lebih kuat karena dikemas dengan fitur yang kaya untuk memungkinkan pengalaman pengguna generasi berikutnya, memungkinkan model adopsi baru, dan menyediakan layanan baru.

Dengan kecepatan tinggi, keandalan yang unggul, dan latensi yang dapat diabaikan 5G akan memperluas ekosistem seluler ke area baru. Jaringan 5G tentu saja juga akan memengaruhi semua industri dan membuat transportasi lebih aman, perawatan kesehatan jarak jauh, pertanian yang lebih tepat, dan logistik terdigitalisasi.

Demikian informasi mengenai jaringan 5G Telkomsel yang akan segera dirilis.

Sumber : Rishna Maulina