Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Investasi

Liputanberitaku.com — Investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu. Karena harapan mendapatkan keuntungan di kemudian hari inilah investasi disebut juga sebagai penanaman modal.

Salah satu investasi yang banyak dipilih masyarakat Indonesia adalah investasi saham. Investasi saham banyak dipilih masyarakat karena legal dan berpotensi menghasilkan keuntungan yang tinggi.

Namun, kamu jangan langsung tergiur untuk mulai berinvestasi saham karena banyak yang harus kamu pahami agar mendapatkan keuntungan dan tidak merugi. Berikut beberapa hal yang diperhatikan saat investasi saham untuk pemula:

Pahami Dasar Investasi Saham

Salah satu hal yang harus diperhatikan bagi pengguna saham untuk pemula adalah kamu harus memahami dasar-dasar investasi saham terlebih dahulu. Jangan langsung tergoda untuk melakukan investasi saham tanpa mengetahui dasar atau cara berinvestasi dengan tepat.

Kamu bisa membaca buku, blog, maupun menonton Youtube untuk mencari referensi. Lebih lanjut, kedepannya kamu bisa lebih paham untuk memilih investasi, dan mengetahui produk investasi mana yang lebih menguntungkan buat kamu.

Pahami Cara Memperoleh Keuntungan dari Saham

Hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin memulai saham untuk pemula adalah dengan cara memahami proses mencari keuntungan dari melakukan saham. Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat keuntungan dari saham yakni antara lain sebagai berikut:

  • Capital Gain : Capital Gain adalah merupakan cara mencari keuntungan dengan selisih antara harga jual dan harga beli saham suatu perusahaan. Sebagai contoh, kamu membeli saham dari perusahaan ABC sebanyak 1000 lembar dengan harga Rp100, kemudian kamu menjualnya dengan harga Rp120, kamu akan mendapatkan keuntungan Capital Gain sebesar Rp20.000.

 

  • Dividen : Selain Capital Gain, Dividen juga merupakan cara mendapatkan keuntungan dalam melakukan investasi saham. Dividen merupakan pembagian keuntungan kepada para pemegang saham oleh perusahaan. Nah, biasanya perusahaan yang sudah matang yang akan memberikan keuntungan kepada pemegang saham.

 

  • Short Selling : Short Selling juga merupakan salah satu cara mendapatkan keuntungan dalam melakukan investasi saham. Short Selling merupakan sebuah kegiatan menjual saham yang belum kamu miliki, lalu kembali membeli saham tersebut dengan harga yang lebih murah di masa depan. Kamu akan mendapatkan keuntungan dari selisih antara harga jual dan harga beli saham, hampir mirip seperti Capital Gain. Praktik short selling di Indonesia masih dilarang oleh sebagian besar manajer Investasi.

Jangan Langsung Percaya Rekomendasi

Yang harus diperhatikan bagi kamu yang ingin memulai saham untuk pemula adalah jangan mempercayakan semua rekomendasi yang diberikan kepada kamu. Saat ini, ada banyak sekali rumor yang beredar mengenai saham.

Terlebih, biasanya banyak orang yang baru memulai saham bergabung dengan grup-grup whatsapp untuk melihat dan berdiskusi soal saham.

Seringkali terdapat banyak rekomendasi saham yang tidak valid. Pastikan kamu memilih sumber rekomendasi saham yang kredibel dan memang memiliki pengalaman yang banyak.

Tentukan Kemampuan Kamu Mengeluarkan Modal

Sudah menjadi sifat natural investasi bahwa semakin tinggi keuntungan yang kamu dapat, maka semakin tinggi juga risiko yang kamu dapatkan.

Oleh karena itu, kamu sebagai orang yang baru mulai investasi untuk pemula sebaiknya mengukur kemampuan finansial yang kamu miliki. Sebaiknya, kamu memilih investasi saham dengan modal yang tidak terlalu besar terlebih dahulu untuk menghindari kerugian yang besar juga.

Itulah 4 hal yang harus diperhatikan bagi kamu yang ingin memulai saham untuk pemula. Pastikan kamu paham betul dengan instrumen investasi yang kamu ingin jalankan sebelum memulai berinvestasi.