Cara Membuat Soal Quiz Online Langsung Di Blog Website

LIPUTANBERITAKU.COM— 7 Langkah Mudah Membuat Soal Online Untuk Blogger (Blog Edukasi) – Anda pasti pernah melihat soal online atau bank soal berupa penilaian harian yang digunakan secara interaktif, langsung di blog seperti ainamulyana dan blog gurune.net. .

Ternyata cara membuat soal online di blog atau kuis online di blog Anda sangat sederhana. Untuk gurune.net, tampaknya Anda menggunakan layanan QUIZBOX.

Banyak blog pendidikan memposting kuis online di situs web mereka, pencarian pertanyaan online sangat tinggi setiap hari, jadi bank soal, pertanyaan online, entri kuis beraroma menjadi salah satu kontributor konstan untuk lalu lintas blog pendidikan.

Jika Anda tertarik untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah yang dijelaskan berikut ini :

Soal Langsung DI Jawab Di Blog Dan Muncul Jawabannya

sumber gambar : guraru

Cara Membuat Soal Quiz Online Langsung Di Blog Website

Berikut adalah 7 langkah mudah untuk membuat pertanyaan atau kuis online langsung di blog Anda, menggunakan kotak kuis.

1. Siapkan soal-soal yang akan di share di blog dan masuk ke kolom Quiz

Silahkan sobat persiapkan terlebih dahulu soal-soal cara membuat quiz di blogger sebelum kalian masukkan di kotak kuis untuk digunakan sebagai kuis online atau pertanyaan online. Anda bisa mengetikkan kata Ms. Word terlebih dahulu dan menyimpannya. Jadi silahkan sobat masuk ke QUIZBOX.

2. Buat struktur kuis di Quiz Builder

Langkah selanjutnya, setelah masuk ke web quizbox.com, adalah langsung ke Quiz Builder dan mengisi formulir.

Untuk jumlah soal atau kuis online, isikan pada pilihan “QUESTIONS/QUIS”. Sedangkan banyaknya pilihan misalnya jika sampai D berarti memilih 4 pilihan, jika mendapat 5 sampai E klik pilihan “Pilihan/Pertanyaan” disini. Kemudian masukkan alamat kuis, jika ada contoh di web maka secara otomatis akan menjadi “Kuis saya”, jadi ubah sesuai keinginan Anda. Kemudian klik tombol “Buat kuis saya”

3. Buat pertanyaan dan jawaban

Setelah langkah kedua selesai, Anda akan secara otomatis diarahkan untuk mengedit pertanyaan, di sini Anda akan diminta untuk membuat atau menyalin dan menempelkan file pertanyaan yang Anda buat. Tampilan form isiannya terlihat pada gambar dibawah ini sobat.

Jumlah pertanyaan yang diajukan dan jumlah jawaban yang diselesaikan pada langkah sebelumnya, seperti pilihan 4, hanya berarti D jika hanya dari 2 ke B.

Ok, saatnya copy paste atau ketik soal dan skor.

Silahkan sobat ketik atau salin pertanyaannya pada kolom “Masukkan pertanyaan 1 disini” dan isikan jawaban “pilihan”, sedangkan skornya silahkan sobat masukkan nilai untuk kunci jawaban yang anda berikan, seperti yang benar jawaban, maka skornya adalah ya untuk “a”.

4. Pilih Sumber HTML

Setelah menyelesaikan soal-soal, tentunya seorang blogger pendidikan akan ingin mengunggah kuis atau soal tersebut ke blog yang sedang Anda jalankan. Jadi sobat harus memilih yang di bawah ini sebelum tombol lanjutkan, misal “Kirimkan saya sumber HTML”

sumber : masbejo

5. Salin sumber HTML

Jika Anda memilih “kirim saya email dengan sumber HTML” dan klik lanjutkan, maka secara otomatis akan dimasukkan ke dalam bidang HTML dan hanya akan menyalin konten bidang html

sumber gambar : masbejo

6. Tempel posting Blogger ke HTML

Setelah Anda menyalin kode html ke Quisbox, buka dasbor blogger dan klik bagian “HTML” dari postingan, ingatlah bahwa html tidak menulis.

Kemudian, paste kode HTML ke bagian ini.

sumber : masbejo

7. Posting atau posting blog

sebelum sobat memposting postingan alangkah baiknya silahkan di cek terlebih dahulu jika benar cocok dan tidak ada bug silahkan posting

untuk mengetesnya juga bisa tes soal dan lihat hasilnya gimana, cara buka postingan yang sudah dipublish sebelumnya. Kemudian Anda lihat hasilnya, berapa skor yang sudah dicapai atau belum, jika Anda belum logout, isi alamat email di bagian ini