Kelebihan dan Kekurangan Buku Digital yang Harus Dipahami

Liputanberitakuk.com — Apa saja kelebihan dan kekurangan buku digital? Buku digital biasanya dinamakan sebagai buku elektronik yang bahasa kerennya disebut ebook.

Buku ini berbeda dengan buku konvensional dimana buku tersebut berbentuk perangkat lunak alias software yang mana Anda tidak bisa memegang dan membawanya langsung dengan tangan Anda. Namun Anda masih bisa membacanya dan menyimpannya melalui perangkat, seperti smartphone, laptop, tablet, dan lain sebagainya.

Kelebihan Buku Digital

Hadirnya buku digital atau ebook memunculkan beragam kelebihan dan kekurangannya. Di bawah ini kami telah menyiapkan informasi penting seputar kelebihan dan kekurangan buku digital.

Ringkas

Kelebihan pertama yan dimiliki oleh buku digital adalah buku ini lebih ringkas. Kita tahu bahwa ebook tidak memiliki bentuk fisik seperti buku pada umumnya yang tidak jarang membuat tas Anda berat sehingga berpengaruh pada punggung Anda.

Berbeda dengan ketika menggunakan buku digital dimana mau seberapa banyak halaman pada buku tersebut, tetap saja buku ini tidak akan membuat Anda kesulitan membawanya.

Awet

Jika buku lain terkadang sudah mulai mengalami kerusakan ketika sering atau tidak digunakan, namun hal ini berbeda dengan buku digital. Buku digital akan tetap dan selamanya awet dibandingkan ketika Anda menggunakan buku konvensional yang terkenal mudah sobek.

Namun perlu diperhatikan bahwa smartphone, komputer, maupun perangkat lain yang digunakan untuk menyimpan ebook harus bersih dari virus.

Buku digital Anda baru akan mengalami masalah pada saat media penyimpanan terkena virus yang berimbas pada rusaknya buku digital. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu membersihkan perangkat Anda tersebut dari virus.

Murah

Biaya yang harus Anda siapkan untuk membeli buku digital jauh lebih murah dibandingkan ketika membeli buku konvensional. Bahkan Anda bisa mendapatkan buku digital secara cuma-cuma alias gratis, sementara buku konvensional harus Anda dapatkan dengan mengeluarkan biaya ratusan.

Pasalnya, ketika Anda hendak mendapatkan buku digital yang diinginkan maka Anda tinggal mendownload buku tersebut dan otomatis akan tersimpan.

Pengiriman cepat

Perlu diketahui bahwa meskipun buku digital bisa Anda daptkan secara gratis, namun tidak semuanya seperti itu. Ada beberapa buku digital yang memang tidak diperjualbelikan secara cuma-cuma. Anda harus mengeluarkan biaya tertentu baru bisa mendapatkan buku ini. Meskipun begitu, setelah Anda membelinya dan mengunduhnya, Anda tidak harus menunggu waktu lama untuk buku tersebut sampai.

Berbeda dengan buku konvensional dimana nanti Anda harus menunggu selama beberapa hari untuk buku tersebut sampai di tempat Anda.

Ramah lingkungan

Kelebihan kelima yang dimiliki oleh buku digital adalah buku ini terkenal ramah lingkungan. Kita tahu bahwa setiap hari penggunaan kertas semakin mengalami peningkatan. Polusi kertas sudah terjadi dimana-dimana yang akan memberikan dampak negatif untuk lingkungan.

Berbeda dengan ketika menggunakan buku digital dimana Anda tidak perlu lagi khawatir akan polusi kertas. Anda tidak akan menggunakan dan bahkan membuang kertas lagi karena memang ebook tidak membutuhka kertas.