Kekurangan Dari Buku Digital Adalah

liputanberitaku.com — Apa saja  kekurangan buku digital? Buku digital biasanya dinamakan sebagai buku elektronik yang bahasa kerennya disebut ebook.

Buku ini berbeda dengan buku konvensional dimana buku tersebut berbentuk perangkat lunak alias software yang mana Anda tidak bisa memegang dan membawanya langsung dengan tangan Anda. Namun Anda masih bisa membacanya dan menyimpannya melalui perangkat, seperti smartphone, laptop, tablet, dan lain sebagainya.

Kekurangan Buku Digital

Cepat membuat mata lelah

Keseringan memperhatikan layar smartphone kerap membuat mata kita lelah. Kebiasaan ini juga bisa berdampak pada kesehatan mata kita.

Maka dari itu, Anda jangan terlalu sering atau terlalu lama memandang smartphone atau komputer meskipun untuk membaca buku.

Tidak dapat dipegang

Namanya saja digital, maka masuk akal ketika kita tidak bisa memegangnya langsung dengan tangan kita. Namun Anda masih bisa memegangnya melalui smartphone Anda, itupun bukan berarti Anda bisa memegang buku tersebut secara langsung. Kekurangan seperti ini merupakan sesuatu yang dialami bagi Anda yang hobi mengoleksi buku fisik untuk Anda letakkan di lemari Anda.

Sebenarnya ada satu cara untuk bisa memegang buku tersebut. Anda harus mencetak atau memprint buku digital tersebut.

Meskipun begitu, biaya yang harus Anda keluarkan juga tidak sedikit, terlebih jika halamannya banyak dan ada beberapa halaman yang berwarna, kecuali jika Anda memiliki printer pribadi maka semuanya tidak masalah.

Software yang tidak mendukung

Kebanyakan ebook yang kita gunakan berformat PDF. Namun tidak sedikit juga software tersebut yang malah memiliki format lain yang membuat smartphone kita terkadang tidak dapat membacanya. Akibatnya, ebook tersebut tidak dapat kita buka yang otomatis tidak dapat dibaca.

Maka dari itu, sebelum Anda mengunduh buku digital terutama yang berbayar, Anda harus pastikan format dari buku tersebut.

Jika ternyata formatnya selain PDF, maka cobalah mencari informasi mengenai aplikasi apa yang bisa digunakan untuk membuka buku digital tersebut karena biasanya di Play Store atau AppStore telah disediakan aplikasi yang khusus sebagai ebook reader.

Ukuran hurufnya yang kecil

Kekeurangan kedua adalah ukuran huruf yang dimiliki oleh buku digital cenderung lebih kecil. Memang Anda bisa melakukan pengaturan terhadap ukuran huruf atau font pada ebook tersebut. Akan tetapi, hal ini malah mengurangi kenyamanan ketika Anda membaca buku tersebut di smartphone Anda dimana Anda harus beberapa kali menggeser layar untuk bisa membaca seluruh isi buku.

Artinya, Anda harus menggeser ke kiri dan kanan atau ke atas dan bawah ketika membaca buku tersebut. Akibatnya, waktu yang dibutuhkan untuk membaca buku ini lebih lama dibandingkan ketika membaca menggunakan buku konvensional.