5 Langkah untuk Menjaga Rumah Anda dalam Kondisi Baik

Liputanberitaku.com – Beberapa orang menggunakan hari libur untuk melakukan beberapa inspeksi, perbaikan, pemeliharaan dan renovasi rumah.

Lakukan perbaikan agar rumah tetap kuat, termasuk memastikan semua yang ada di dalam rumah berfungsi dengan baik dan tidak rusak.

Di sisi lain, jika Anda tidak hadir atau jarang memeriksa dan memperbaiki rumah Anda secara berkala, sulit untuk mengetahui apakah ada bagian rumah yang bocor, rusak, atau rapuh.

Berikut adalah 5 langkah perawatan untuk menjaga barang-barang di rumah Anda dalam kondisi baik:

1. Perbaiki setiap retakan dan kebocoran

Retak dan kebocoran sering terjadi di rumah. Penyebabnya bermacam-macam, antara lain faktor alam seperti udara lembab, kebocoran, hujan, dll.

Retakan atau kebocoran ini biasanya sangat terlihat oleh mata. Periksa setiap sudut dan celah setiap ruangan di rumah dan segera perbaiki jika ada retakan atau kebocoran di dalam rumah.

Hal ini dikarenakan banyak terdapat retakan pada ruangan atau dinding, seperti pintu dan jendela di rumah Anda.

Pastikan juga tidak ada risiko retak dan berbahaya. Kalau ringan bisa diperbaiki sendiri, dan kalau berat bisa panggil montir dan tukang untuk pulang.

2. Perawatan AC

AC merupakan alat yang sangat penting di dalam rumah, sehingga sangat dibutuhkan terutama di musim panas. Periksa AC secara teratur.

Setidaknya tetap bersih, bahkan jika tidak ada kerusakan yang terlihat. Triknya sangat sederhana.

Cukup buka isinya, bersihkan debu dengan sapu atau sikat rumah tangga, lalu pasang filter baru.

Namun, jika ada kerusakan pada AC, segera hubungi ahli atau teknisi AC setempat Anda.

3. Perbaikan Kulkas

Seperti halnya AC, kulkas berperan sangat penting dalam menjaga makanan dan minuman di rumah Anda lebih lama. Rawat kulkas Anda secara teratur.

Caranya adalah dengan membersihkan bagian luar dan dalam. Keluarkan makanan lama dan kadaluarsa serta jangan melebihi kapasitas lemari es.

Kulkas akan kelebihan beban dan akan segera rusak. Periksa juga pengoperasian dan catu daya lemari es. Jika ada masalah, segera perbaiki. Tidak perlu menunggu kerusakan parah.

4. Membersihkan Saluran Pembuangan Air di Rumah

Anda Sistem drainase yang tersumbat dapat berdampak negatif bagi rumah Anda, dan salah satunya tersumbat. Periksa dan bersihkan selang pembuangan secara teratur.

Pastikan benda yang menyebabkan penyumbatan tidak terhalang. Pasalnya, saluran air yang tersumbat dapat menimbulkan bau tak sedap dan ketidaknyamanan.

Perawatan tangki septik juga disertakan. Jika Anda sudah lama tidak memompa, Anda harus sering menyedot atau memompa.

5. Pemeliharaan halaman rumah

Terakhir, kami akan melakukan perawatan halaman rumah. Hal ini terutama penting bagi mereka yang memiliki taman atau taman di depan rumah.

Tugas dasar seperti memotong rumput harus dilakukan secara teratur. Atau, Anda dapat membuang daun, ranting, dan gulma dan menggantinya dengan bunga dan tanaman.

Anda juga bisa menanam buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah di rumah. Pembersihan eksterior ini akan membuat taman Anda lebih menarik. Lakukan inspeksi, bahkan jika memungkinkan, di teras, gazebo, atau lokasi lain.

 

 

 

Artikel asli