hit counter

Apple Merilis MacOS Monterey

Liputanberitaku.com – Apple memperkenalkan MacOS versi terbaru, yang disebut MacOS Monterey. Sistem operasi PC/laptop Apple terbaru diumumkan pada Virtual World Developer Conference (WWDC 2021) yang digelar Selasa (8/6/2021) dini hari tadi.

Apple melanjutkan tradisi menyematkan nama tengara pada sistem operasi MacOS-nya, seperti MacOS BigSur dan Catalina.

Sedikit informasi, Monterey adalah salah satu tempat wisata pantai yang dikelilingi bebatuan di California, Amerika Serikat. Lokasinya berada di pantai California tengah.

Di Monterey versi MacOS, Apple telah memperbarui sejumlah fitur, yang paling menonjol adalah interoperabilitas dengan iOS, seperti berbagi keyboard dan mouse antara perangkat Mac dan iPad.

Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan (memasangkan) keyboard dan mouse dengan dua perangkat secara bersamaan.

Pengguna dapat memindahkan kursor mouse langsung dari Mac ke iPad, seolah-olah ingin menyalin dan menempel konten.

Jika pengguna ingin menggunakan layar dan speaker Mac untuk memutar konten audio/video dari iPhone, iPad, atau perangkat Mac lainnya, Apple juga mengizinkan perangkat Mac untuk bertindak sebagai platform AirPlay.

MacOS Monterey juga memiliki aplikasi otomatisasi pintasan yang sebelumnya muncul di iPhone.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk secara otomatis mengatur perintah atau mengaktifkan tugas-tugas tertentu dengan menekan sebuah tombol.

Sekarang, bahkan dengan asisten Siri, pengguna dapat mengakses pintasan di mana saja, termasuk di Spotlight dan bilah menu.

Seperti yang dihimpun KompasTekno dari The Verge pada Selasa (6 Agustus 2021), browser Safari juga mendapat pembaruan desain, di mana tab dan address bar bisa dipindahkan di kolom yang sama.

Jika pengguna memindahkan tab ke kanan atau kiri, konten tab akan tampak “mengambang” seolah-olah diterapkan pada desain browser Firefox versi terbaru.

Selain itu, Apple juga telah memperkenalkan tag group di browser. Grup tab ini dapat disinkronkan antara perangkat Mac dan iOS.

 

 

 

 

Artikel asli