Jenis Rumput Taman Yang cocok untuk Halaman Rumah.

Liputanberitaku.com — Rumput taman apakah yang terbaik untuk dipasang di halaman rumah minimalis atau type tempat tinggal yang lain ya?

rumput merupakan satu diantara bagian pendukung yang membuat lanscape taman jadi lebih cantik. Disamping sebagai pendukung estetika, rumput rupanya bisa mengurangi debu yang bersatu dengah tanah, menghindari erosi, dapat mengurangi suhu tinggi.

Di Indonesia sendiri ada banyak tipe rumput yang sering dipakai. yuk simak bermacam jenis rumput taman untuk halaman rumah berikut

Rumput Jepang

Rumput ini mempunyai struktur daun yang ramping, rapi, dan rapat. Rumput jepang sendiri sering dipakai beberapa orang karena memberinya kesan-kesan yang rapi pada taman depan atau belakang.
Untuk merawatnya memang diperlukan tenaga extra.

Anda harus teratur memangkasnya satu bulan sekali, pemberinya pupuk urea 2 bulan sekali. Rumput ini juga harus terkena cahaya matahari yang bagus supaya sisi bawahnya tidak berwarna kekuningan.

Rumput Gajah Lokal

Selainnya rumput jepang, tipe rumput yang umum dipakai selanjutnya selain rumput jepang ialah rumput gajah lokal. Selainnya dipakai untuk dekor taman, rupanya rumput yang mempunyai nama latin pennisetum purpureum ini pas sebagai pakan ternak seperti sapi dan kambing.

Menanam rumput gajah lokal benar-benar gampang untuk dikerjakan, ditambah lagi harga lebih murah. Meskipun teksturnya tidak secantik rumput jepang, rumput gajah lokal benar-benar kuat bila diinjak manusia dan tak perlu sering disiram. Tetapi karena cepat tumbuh, Anda harus rajin memotongnya.

Rumput Peking

Tahukah Anda, jika rumput ini pernah jadi primadona saat sebelum tahun 2000-an?. Karakter rumput peking nyaris serupa dengan tipe rumput jepang, tetapi teksturnya lebih halus dan kerapatannya lebih jarang-jarang.

Untuk menjaganya mudah kok, karena rumput peking mempunyai ketahanan cuaca yang bagus di musim penghujan sekalipun. bentuknya yang rapi dan berkesan eksklusif membuat harga lebih mahal.

Rumput Gajah Mini

Dibanding dengan rumput gajah lokal, tipe rumput gaja mini mempunyai struktur yang lebih bagus dan ukuran lebih kecil.

Walaupun demikian, rumput ini mempunyai ketahanan pada pijakan manusia yang serupa seperti rumput gajah lokal. Perawatannya lebih gampang karena tidak tumbuh terlampau cepat dan memerlukan cahaya matahari yang kurang.

Rumput ini disebut sedang menjadi unggulan karena bisa ditaruh di tempat yang tidak terlampau terang dan pas diterapkan pada taman tempat untuk bermain anak-anak.

Rumput Swiss

Memelihara rumput tipe ini di halaman sedikit lebih repot karena karakternya yang tidak tahan lembap dan memerlukan pencahayaan matahari minimum 80%. Supaya rumput terlihat selalu bagus, daunnya harus dipotong sedikitnya satu bulan sekali. Disamping itu untuk menjaganya tumbuh subur dan bagus, rumput ini harus disuburkan dengan tipe pupuk urea saja.

Tipe Rumput Gajah Mini Variegata

Dibanding dengan rumput yang lain serumpun, tipe gajah mini variegata ini mempunyai warna yang unik, yakni ada garis putih di tengah-tengah setiap lembar daunnya.

Selainnya unik, rumput ini memeliki kelebihan yang serupa dengan rumput gajah lokal dan gajah mini yakni kuat. Daunnya juga tidak cepat panjang hingga Anda tak perlu repot mengguntingnya tiap bulan. Pilih rumput gajah mini variegate ini pasti bisa saja opsi menarik untuk taman kan?

Tetapi, Anda perlu merogoh kocek sedikit lebih dalam bila ingin menanami taman dengan rumput ini.