Siapa Lebih Menarik? Daihatsu Sirion 2020 vs Honda Brio RS

liputanberitaku.com– Astra Daihatsu Motor (ADM) memberi penyegaran enteng pada Sirion. Tidak sampai tahapan facelift ganti raut muka. Sekedar tambahan aerokit dan koreksi feature infotainment. Bekasnya tetap sama seperti Sirion 2019.

Lantas bagaimanakah jika diadu dengan Honda Brio RS? Berikut perbedaan daihatsu Sirion 2020 dengan Honda Brio RS.

1. MESIN dan PERFORMA

Sisi dapur picu juga tidak ada yang dikoreksi. Sirion masih unggul masalah perform mesin daripada Honda Brio RS. Terutamanya dari kemampuan dan semburan daya. Jantung mekanis 1NR-VE, DOHC 4-silinder, 1.329 cc Dual VVT-i, memiliki tenaga 95 PS pada 6.000 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.200 rpm. Diteruskan lewat pilihan manual 5-speed atau automatis konservatif 4-speed. Brio

RS menggendong enjin SOHC 4-silinder 1.199 cc i-VTEC dengan daya 90 PS/6.000 rpm dan torsi pucuk 110 Nm/4.800 rpm. Transmisi manual 5-speed atau CVT bisa saja opsi pada Brio RS.

Konsumsi bahan bakar ke-2 nya bisa dibanggakan, karena tipikal mobil perkotaan dengan mesin tidak sampai 1.500 cc. Apa lagi kemampuan bak bahan bakar tidak jauh berbeda. Sirion dapat diisi penuh 36 liter bensin, sedang Brio RS 35 liter. Tanda Eco pada panel mtr. sedikit menolong pengendaraan lebih hemat konsumsi bensin.
Peredaman Sirion ditanggung oleh MacPherson Struts di muka dan Torsion beam ada di belakang.

Sementara Brio RS tidak dibarengi stabilizer. Ke-2 nya punyai handling yang gesit dan cekatan, pas untuk digunakan di perkotaan. Punyai Sirion berasa lebih oke, tetapi sedikit mempertaruhkan kenyamanan. Sedang Brio lebih imbang, tidak terlampau keras atau halus bantingannya.

2. DIMENSI

Ukuran 3.895 x 1.735 x 1.525 mm (PxLxT) dan jarak sumbu roda masih 2.500 mm. Kabin Sirion sangat terasa lega untuk city car. Berkendara atau jadi penumpang, terasa naik sedan memiliki ukuran solid.

Sementara perbekalan dimensi Brio RS 3.815 x 1.680 x 1.485 mm dan 2.405 mm jarak antara kutub roda. Ada ketidaksamaan cukup dari ukuran ke-2 nya. Yang memiliki arti, Sirion masih menggenggam gelar city car hatchback dengan mesin di bawah 1,5-liter dengan kabin terlega (berdasarkan ukuran wheelbase). Dengan itu terang, kabin Brio RS berasa lebih sempit jika dibanding langsung.

3. EKSTERIOR

Daihatsu memberikan aerokit baru pada Sirion, dipasang di bagian bawah depan, samping (side skirt) dan belakang. Sisi belakang dilabur hitam untuk sedikit kesan-kesan lebih sporti dan ada spoiler dengan HMSL masih tetap setia temani. Brio RS diperlengkapi bodi kit sebagai standard: side under spoiler, diffuser pada bumper belakang dan spoiler atas dengan lampu rem terpadu. Sementara pelek alloy 15-inci dan spion retractable dapat ditemui pada ke-2 nya. Cukup pencet tombol untuk atur status atau melipat spion.

Yang lain, bidang lampu. Sirion telah LED, sedang Brio RS masih halogen. Ada feature penataan ketinggian sorotan pada lampu Sirion, dan follow me home. Disamping itu, antena mode sirip ikan hiu (shark fin). Brio RS masih antena biasa memiliki ukuran kecil. Baik Sirion dan Brio RS, sama punyai wiper kaca belakang. Tetapi pada Sirion disokong sensor automatis.

Opsi warna baru dipersiapkan Daihatsu agar semakin menggandeng kalangan muda. Ada Electric Blue dan Granite Grey Metallic, lengkapi tiga warna usang: putih, merah dan silver. Sedang warna ungu pada peluncuran sebelumnya dihilangkan. Brio RS tawarkan macam warna untuk anak muda. Keseluruhan ada enam opsi warna, dan satu diantaranya terbatas RS Phoenix Orange Pearl dengan atap hitam.

4. INTERIOR

Kabin termasuk moderat untuk ke-2 nya. Supremasi warna hitam dengan pemanis silver pada Sirion dan jingga pada Brio RS. Bangku dibuntel kain fabric, penataan headrest, setel tilt pada setir, kontrol audio pada palang setir dan seluruh area untuk menyimpan di pelosok kabin. Semua feature standard pada Sirion dan Brio RS.

Monitor sentuh infotainment Sirion semakin besar, 7-inci sebanding 6,1-inci. Support konektivitasnya sama bermacam. Tetapi mekanisme audio Brio RS sedikit unggul karena punyai tweeter. Untuk penataan AC telah menggunakan tombol untuk ke-2 peserta. Keunggulan Sirion, tombol Start/Setop untuk menghidupkan/mematikan mesin. Tidak pakai repot kembali menonjol dan memutar anak kunci.

5. SAFETY

Penjamin keamanan dan keselamatan yang lebih komplet pada Sirion. Terhitung 4 kantong udara, rem ABS dan EBD, vehicle stability kontrol (VSC), traction kontrol, camera parkir mundur, sensor parkir depan belakang, ISOFIX, sampai pengingat sabuk keselamatan depan dan belakang. Brio RS telah lumayan komplet dengan 2 kantong udara, pengingat sabuk untuk sopir, rem ABS+EBD, dan immobilizer.

6. HARGA dan SIMPULAN

Bandrol Sirion terkini Rp 214,85 juta untuk transmisi automatis dan Rp 200,1 juta dengan MT 5-speed. Dan harga Brio RS Rp 184,tiga juta dan Rp 199,enam juta untuk opsi CVT. Kelihatan Sirion sedikit mahal. Tetapi tetap menarik dan punyai nilai for money yang bagus. Ingat beberapa keunggulan dari bidang perform dan feature yang dibawa. Apa lagi, status Sirion ialah mobil import CBU. Jika dibuat di sini, dapat dipikirkan akan lebih bersaing dari Brio RS sekalinya.