Begini Cara Atasi Kecanduan Gadget

liputanberitaku.com– Handphone adalah alat berkomunikasi yang sering dipakai di penjuru dunia. Karakternya yang multi-fungsi jadikan handphone dibutuhkan oleh beberapa orang, bahkan juga beberapa ada yang tidak dapat terlepas darinya.

Beberapa orang yang memakai handphone terlalu berlebih dan condong alami ketagihan. Walau sebenarnya, ketagihan handphone mempunyai efek-efek negatif untuk kesehatan psikis seorang. Umumnya, ketagihan handphone dirasakan oleh beberapa orang yang masuk periode remaja.

Sebuah study dengan judul “Cell phone addiction and psychological and physiological health in adolescents” memperlihatkan jika pemakaian handphone capai pucuknya selama saat remaja dan dengan bertahap turun sesudahnya. Pemakaian handphone yang terlalu berlebih di kelompok remaja umum hingga 33 % anak berumur 13 tahun tak pernah mematikan handphone mereka, malam atau siang.

Disamping itu, riset itu mengutarakan jika makin muda umur anak terkena handphone, makin besar resiko penyimpangan handphone. Tanda-tanda ketagihan handphone Merilis dari Healthline, ada gejala-gejala yang terlihat saat seorang alami ketagihan handphone.

Beberapa pertanda antara lain seperti berikut.

  • Meraih handphone saat sendirian atau bosan
  • Bangun seringkali pada malam hari untuk memeriksa gadget
  • Mengusik pekerjaan, tugas sekolah, dan hubungan sama orang disekitaran
  • Mudah kumat saat coba batasi pemakaian
  • Berasa kuatir, kecewa, dan cepat geram saat jauh dari handphone
  • Habiskan beberapa waktu di muka handphone

Bila rutinitas handphone mengusik kehidupan setiap hari, kemungkinan telah saatnya untuk membikin beberapa peralihan. Berita baiknya ialah ada banyak cara yang bisa dilaksanakan untuk mengganti langkah berhubungan dengan handphone. Ini dilaksanakan untuk menolong batasi imbas negatif pada kehidupan seorang. Berikut salah satunya.

1. Cari tahu adakah kekhawatiran yang mendasarinya

Sebuah study dengan judul “The invisible addiction: Cell-phone activities and addiction among male and female college students” yakin jika orang yang memakai handphone secara kompulsif kemungkinan coba menghindar permasalahan dalam kehidupan mereka yang dirasa terlampau susah atau sulit untuk dituntaskan.

2. Coba langkah-langkah praktis di bawah ini.

  • Hapus aplikasi yang habiskan waktu dari handphone dan pasang beberapa program yang betul-betul diperlukan
  • Kerjakan beberapa hoby baru dan memperbanyak aktivitas di dunia riil, seperti bercocok tanam, membaca buku, bermain board games, terlibat perbincangan dengan rekan, melukis, dan lain-lain
  • Ganti pernyataan pemberitahuan untuk kurangi intensif memeriksa handphone
  • Matikan handphone saat malam hari untuk menghindar terjaga pada malam hari untuk memeriksa handphone.

3. Pertimbangkan terapi perilaku kognitif (CBT)

Pendekatan terapeutik ini menolong menyinari jalinan di antara pemikiran, sikap, dan emosi. Langkah ini menjadi tipe therapy yang paling efisien untuk menolong mengganti skema sikap tertentu.Minimal satu riset kecil dengan judul “Handphone Addiction Creates Imbalance in Brain” memperlihatkan jika CBT kemungkinan efisien dalam menyamakan peralihan kimia otak yang berkaitan dengan ketagihan handphone. Bila tertarik sama tipe therapy ini, seorang dapat tiba ke pakar kesehatan psikis untuk konsultasi.