sumber : ujikokoh.com

Tips Rantai Motor Tidak Mudah Berkarat

liputanberitaku.com–Rantai adalah bagian penting di motor. Sebab komponen rantai ini menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang agar sepeda motor dapat berjalan.

Meski pada Juni ini sudah memasuki musim kemarau, masih ada beberapa daerah yang hujan. Kombinasi air hujan dan cuaca panas di awal kemarau ini berisiko membuat rantai motor makin mudah teroksidasi dan berkarat. Oleh karena itu, seusai motor kehujanan atau melibas kubangan air, segera cuci sepeda motor dengan air bersih.

Berikut ini tips membersihkan rantai motor supaya tidak mudah berkarat.

1. Bersihkan rantai hanya saat motor sudah ‘hangat’

Hangat yang dimaksud adalah kondisi sesaat setelah motormu digunakan. Ini penting banget supaya rantai motor lebih siap saat dibersihkan. Saat akan dibersihin, pastikan motor distandar tengah. Ini penting agar proses pembersihan rantai semakin mudah.

2. Gunakan spray khusus untuk membasahi dan membersihkan rantai

Setelah posisi motormu pas, semprot spray khusus untuk membasahi dan membersihkan rantai motor. Spray ini penting untuk membuat rantai lebih mudah dibersihkan dari noda hitam membandel bekas oli atau debu jalanan.

Nah, biar gak membasahi dan mengotori lantai jangan lupa gunakan kertas karton di bawah rantai pas menyemprot spray ya!

3. Gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat rantai

Setelah disemprot dengan spray khusus, lanjutkan proses bersih-bersih dengan menyikat seluruh bagian rantai menggunakan sikat gigi bekas. Usahakan jangan ketinggalan satu bagian pun pas membersihkan rantai, biar rantai motormu gak cepat rusak atau karatan.

4. Basuh rantai dengan air yang mengalir

Nah, kalau proses sikat menyikat sudah selesai basuh rantaimu pakai air mengalir. Tapi, jangan basuh rantaimu dengan menyemprotkan langsung airnya ke permukaan rantai.

Baca Juga  Perawatan Aki Motor Agar Tetap Awet

Alirkan saja air dari selang ke permukaan rantai. Lebih dekat lebih baik biar kotoran-kotoran yang menyangkut bisa mengalir bersama air.

5. Terakhir, semprot rantai pakai pelumas

Kalau proses membersihkan rantai sudah selesai semua. Jangan lupa keringkan rantaimu dan setelah itu langsung semprotkan pelumas ke permukaan rantai.

Semprotkan pelumas merata ke seluruh bagian rantai. Lagi-lagi, alasi rantai pakai kertas karton biar pelumas gak mengotori lantaimu.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel asli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *