Tips Rantai Motor Tidak Mudah Berkarat

liputanberitaku.com– Rantai ialah sisi penting di motor. Karena komponen rantai ini menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang supaya sepeda motor bisa jalan.

Walau pada Juni ini telah masuk musim kemarau, masih tetap ada banyak daerah yang hujan. Gabungan air hujan dan cuaca panas pada awal kemarau ini beresiko membuat rantai motor semakin gampang teroksidasi dan berkarat. Oleh karenanya, sehabis motor kehujanan atau menyikat genangan air, selekasnya bersihkan sepeda motor sama air bersih.

Salah satunya bagian utama pada motor bebek atau motor sport yang penting dijaga keadaannya ialah rantai. Sayang, tidak seluruh orang memahami benar bagaimanakah cara menjaga rantai motor secara benar dan terbebas karat.

Maka tidak boleh bingung jika keadaan rantai Anda cepat hancur atau berkarat. Nach, agar rantai Anda masih tetap tahan lama, ini langkah menjaganya.

 

Fungsi Rantai Pada Motor

Pertam-tama, Anda harus ketahui jika rantai motor berperan sebagai mekanisme pemindah tenaga. Rantai akan gerakkan roda belakang motor hingga roda belakang akan berputar-putar dan menggerakkan kecepatan kendaraan. Rantai tersusun dari bagian-bagian salah satunya ialah pin, bush, gabung pin, klip, roller, upper link plate, dan inner link plate.

Tidak sendiri dalam jalankan perannya, rantai ditolong oleh gir/sprocket, roda bergigi yang terdiri dari 2 sisi yakni gir depan dan gir belakang.

Masing-masing gir mempunyai ukuran dan peranan yang lain. Gir depan termasuk lebih kecil dari gir belakang. Gir depan berperan sebagai pendorong, sementara gir belakang berperan untuk menyamakan roda belakang saat motor berakselerasi.

 

Awas! Bahaya Rantai Karat

Musim penghujan seakan jadi rintangan untuk pemilik motor. Masalahnya seringkali rantai jadi karat karena kerap terserang hujan. FYI, air hujan itu memiliki sifat asam dan sisi bawah motor sering terserang cipratan motor hingga dapat menghancurkan rantai. Keadaan rantai juga dapat makin lebih buruk jika tidak dilaksanakan perawatan yang betul.

Rantai yang berkarat membuat keadaannya tidak plastis dan kaku. Jika dibiarkan terus, rantai beresiko putus di jalan, ditambah lagi jika motor bekerja diperputaran tinggi.

Rantai yang putus umumnya akan terbelit antara gir dan mengakibatkan roda motor terkunci. Jika sudah ini, resiko kecelakaan juga dapat terjadi. Karena itu, dianjurkan untuk Anda untuk menjaga rantai secara baik. Bagaimana triknya? Silahkan baca point berikut ini.

Berikut panduan bersihkan rantai motor agar tidak gampang berkarat.

1. Bersihkan rantai cuman saat motor sudah ‘hangat’

Hangat yang diartikan ialah keadaan sebentar sesudah motormu dipakai. Ini penting sekali agar rantai motor lebih siap saat dibikin bersih. Ketika akan dibersihin, yakinkan motor distandar tengah. Ini penting supaya proses pembersihan rantai makin gampang.

2. Gunakan spray khusus untuk membasahi dan membersihkan rantai

Sesudah status motormu cocok, semprot spray khusus untuk membasahi dan bersihkan rantai motor. Spray ini penting untuk membikin rantai lebih gampang dibikin bersih dari noda hitam membandel sisa oli atau debu jalanan.

Nach, agar tidak membasahi dan mengotori lantai janganlah lupa pakai kertas karton di bawah rantai cocok menyemprotkan spray ya!

3. Gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat rantai

Sesudah disemprotkan dengan spray khusus, teruskan proses beres-beres dengan menyikat semua sisi rantai memakai sikat gigi sisa. Upayakan jangan ketinggalan satu sisi juga cocok bersihkan rantai, agar rantai motormu tidak cepat hancur atau karatan.

4. Bersihkan rantai dengan air yang mengalir

Nach, jika proses sikat menyikat telah usai bersihkan rantaimu gunakan air mengucur. Tetapi, tidak boleh bersihkan rantaimu dengan menyemprot langsung airnya ke atas rantai. Alirkan saja air dari selang ke atas rantai. Lebih dekat lebih bagus agar kotoran-kotoran yang tersangkut dapat mengucur dengan air.

5. Terakhir, semprot rantai pakai pelumas

Jika proses bersihkan rantai telah usai semua. Janganlah lupa keringkan rantaimu dan kemudian langsung semprot pelumas ke atas rantai. Semprot pelumas rata ke semua sisi rantai. Kembali lagi, alasi rantai gunakan kertas karton agar pelumas tidak mengotori lantaimu.