Tips Agar Irit Bahan Bakar Motor
Tips Agar Irit Bahan Bakar Motor

Tips Agar Irit Bahan Bakar Motor

liputanberitaku.com– Hemat bahan bakar adalah mimpi pengendara motor. Tetapi supaya bisa berkendaraan dengan keadaan hemat ada banyak hal yang penting jadi perhatian.

Minimal ada faktor-faktor supaya motor capai keadaan bagus penggunaan bahan bakar, meliputi keadaan motor, operasionalisasi motor, sampai pendayagunaan feature yang dipunyai.

Berikut panduan berkendaraan hemat :

1. Cara Bawa Motor

Selainnya keadaan motor yang prima, hal yang lain penting diingat dalam jaga ke iritan bensin ialah langkah berkendaraan. Makin agresif style berkendaraan dengan bukaan gas dan operasionalisasi rem yang tidak teratur akan membuat bensin motor mejadi benar-benar boros.

Oleh karenanya perlu langkah berkendaraan yang smooth atau lembut dalam soal operasionalisasi motor. Seperti buka gas perlahan-lahan dan jaga kecepatan stabil. Tidak lakukan pengereman secara tiba-tiba (kecuali genting) hingga supply bensin yang disalurkan ke ruangan bakar jadi lebih terarah dan hemat.

2. Kondisi Motor

Keadaan motor yang sempurna menjadi satu diantara aspek khusus dalam mendukung keiritan berkendaraan. Saat sebelum berkendaraan yakinkan motor pada keadaan baik. Check kekerasan ban pada keadaan normal.

Karena jika ban kekurangan angin, karena itu tarikan motor jadi berat dan ini membuat konsumsi bensin jadi lebih boros. Tidak itu saja, perawatan periodik seperti pergantian oli dan bersihkan penyaring udara perlu dilaksanakan untuk jaga tarikan motor masih tetap maksimal hingga konsumsi bahan bakar tidak boros.

3. Sesuaikan Kapasitas

Satu perihal yang lain penting diingat untuk jaga keiritan bensin dengan tidak bawa barang yang melewati kemampuan atau overload daya angkut motor. Umumnya saat akan turing, motor sering dipasang dengan turing box untuk menyimpan barang. Tetapi kerap kali tanpa penghitungan hingga membuat motor kelebihan beban. Saat motor overload mesin jadi berat dan bensin jadi boros. Keadaan ini mencelakakan pengendara karena bisa hilangkan kesetimbangan motor saat bermanuver.

Baca Juga  Kerap Bersihkan Motor Saat Mesin Masih Panas, Ada Konsekuensi

4. Manfaatkan Teknologi

Teknologi dan beberapa fitur fungsional bisa memberikan dukungan terbentuknya efisiensi bahan bakar. Satu diantaranya adalah fitur Stop dan Start System, dan Eco Riding indicator yang memberitahukan jika pengendara sedang mengoperasikan motor pada keadaan hemat.