Tekno Kompas

Apakah Ini Smartwatch Pertama Buatan Facebook ?

Liputanberitaku.com – Sejak awal tahun 2021, Facebook dikabarkan tengah mempersiapkan perangkat baru. Dikatakan bahwa perangkat tersebut merupakan jam smartwatch  yang akan diluncurkan tahun depan.

Media teknologi The Verge telah menerima serangkaian berita baru tentang perangkat tersebut. Menurut laporan, jam tangan pintar ini akan dibekali layar dengan dua kamera (depan dan belakang) yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 1080 piksel.

Kamera ini juga dilengkapi dengan fungsi autofokus. Layar akan tertanam dalam bingkai stainless steel dan dapat dilepas dari bingkai.

Dengan cara ini, pengguna dapat dengan bebas mengambil foto selfie dan foto lainnya. Kabarnya, jam tangan pintar ini juga mengintegrasikan aplikasi media sosial milik Facebook, termasuk Instagram.

Oleh karena itu, pengguna akan dapat langsung membagikan foto yang diambil oleh jam tangan pintar pertama Facebook ke media sosial.

Dikatakan bahwa jam tangan pintar rancangan Facebook ini juga memiliki pendeteksi detak jantung, konektivitas LTE, aplikasi telepon, dan mungkin juga menggunakan sistem operasi khusus Android.

Smartwatch pertama Facebook akan dirilis setidaknya pada musim panas atau sekitar Juni 2022. Banderol harganya diperkirakan sekitar US$400 atau sekitar Rp 5,7 juta.

Ada juga rumor bahwa jam tangan pintar ini juga akan dapat “berinteraksi” dengan kacamata AR Facebook.

Andrew Bosworth, wakil presiden augmented reality dan virtual Facebook, juga secara singkat menanggapi rumor tersebut dengan tweet. Dia tidak mengkonfirmasi atau menyangkal rumor ini.

Namun, menurut Bosworth, Facebook ingin kacamata AR berfungsi. Akibatnya, perusahaan berinvestasi dalam teknologi yang memungkinkan kacamata AR memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

“Ini termasuk penelitian tentang EMG, antarmuka sentuh dan adaptif yang dapat diintegrasikan ke dalam perangkat yang dapat dikenakan di pergelangan tangan,” cuit Bosworth.

Baca Juga  Facebook Rilis Instagram Lite, Ini Keunggulannya

Tentu saja, bocoran layar Facebook dan fitur jam tangan pintar pertama masih lazim di sana, jadi itu tidak selalu benar.

Sejauh ini, Facebook sendiri belum memberikan informasi resmi tentang keberadaan smartwatch pertama, seperti dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis, 6 Oktober 2021.

Namun, Facebook diketahui telah menghabiskan sekitar $ 1 miliar untuk pengembangan jam tangan pintar.

 

 

 

Artikel asli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *