Bagaimana Mengubah Kata Sandi Wi-Fi Melalui Ponsel ?

Liputanberitaku.com – Keberadaan jaringan nirkabel dengan router Wi-Fi sudah menjadi hal yang lumrah di berbagai tempat, termasuk di rumah.

Untuk melindunginya, jaringan nirkabel biasanya dilindungi dengan Wireless Protected Access (WPA) yang memerlukan password.

Pemilik jaringan dapat mengubah kata sandi jaringan Wi-Fi ini sesuka hati. Caranya adalah dengan mengakses menu manajemen router melalui browser.

Selain komputer, perangkat mobile seperti smartphone dan tablet juga dapat digunakan untuk keperluan tersebut, baik perangkat yang menggunakan sistem operasi iOS maupun Android.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara mengganti password Wi-Fi melalui ponsel

1. Pertama, pastikan smartphone atau tablet yang Anda gunakan terhubung ke jaringan Wi-Fi.

2. Buka browser di perangkat Anda, dan masukkan alamat IP router di bidang URL (misalnya: 192.168.0.1.). Alamat IP default router ini dapat bervariasi dari merek ke merek.

Alamat IP router Wi-Fi, nama jaringan (SSID), dan nama pengguna dan kata sandi administrator untuk masuk ke menu manajemen biasanya tercantum pada label di bagian bawah perangkat router.

Selain label fisik pada perangkat router, Anda juga dapat menemukan informasi ini dengan mencari di Internet. Pada contoh di bawah ini, KompasTekno menggunakan screenshot dari router merek TP-Link.

3. Setelah memasukkan alamat IP router, Anda akan melihat beranda menu manajemen dengan bidang untuk nama pengguna dan kata sandi administrator.

Jika tidak ada perubahan, Anda dapat memasukkan nama administrator dan kata sandi dari label deskripsi router.

Apabila username dan password admin telah diubah dan Anda tidak bisa mengingatnya, router bisa dikembalikan ke setting default dengan cara menekan tombol reset di perangkat yang bersangkutan.

4. Setelah masuk ke menu manajemen router, cari setelan Wireless Network. Istilah setting ini bisa berbeda-beda antar router, tapi biasanya berada di bagian “wireless”.

Cari pengaturan untuk sekuritinya. Untuk router TP-Link KompasTekno, setting dimaksud berada di menu Wireless > Wireless Ssecurity.

5. Di sini Anda akan menemukan kolom password. Silakan masukkan kata sandi baru yang dikehendaki.

6. Untuk mengganti password wifi anda, silahkan isi kata sandi baru pada kolom “Wireless Password”.

7. Jika password sudah Anda ubah, silahkan tekan tombol “Save” untuk mulai menerapkan password baru.

8. Secara otomatis, jaringan Wi-Fi Anda sudah aktif kembali dengan password baru.

9. Perlu diperhatikan bahwa perangkat yang sebelumnya terhubung ke Wi-Fi menggunakan kata sandi lama akan terputus dan harus disambungkan kembali dengan memasukkan kata sandi baru.

 

 

 

Artikel asli