hit counter

4 Aktivitas Yang Tergolong Meditasi, Selain Duduk Bersilang

liputanberitaku.com–Bila stres membuat Anda kuatir, tegang, dan cemas, coba untuk lakukan meditasi. Faedah perantaraan untuk kesehatan psikis dan fisik telah banyak ditunjukkan oleh penelitian. Meditasi sudah dipraktikkan sepanjang beberapa ribu tahun.

Meditasi sebelumnya ditujukan untuk menolong perdalam pengetahuan mengenai kemampuan kehidupan yang keramat dan mistik. Sekarang ini, meditasi biasanya dipakai untuk rileksasi dan pengurangan depresi. Selainnya menentramkan pemikiran dan menurunkan emosi negatif, Mayo Clinic menjelaskan meditasi bisa menangani tanda-tanda penyakit berikut ini:

  • Tekanan darah tinggi
  • Sindrom
  • Iritasi usus
  • Masalah tidur
  • Sakit kepala tegang
  • Asma
  • Kanker
  • Sakit kronis
  • Depresi
  • Penyakit jantung

Siapa saja dapat latihan meditasi. Sebetulnya, meditasi tidak cuma dilaksanakan dengan duduk bersila di lokasi yang sunyi saja. Beberapa aktivitas simpel termasuk meditasi. Berikut aktivitas simpel yang termasuk meditasi:

1. Minum secangkir kopi

Dr Jodi Ashbrook, pendiri dan CEO ZenLeader, sebuah perusahaan yang beroperasi di sektor kesehatan menjelaskan minum satu cangkir kopi pada pagi hari bisa secara mudah dipandang seperti wujud meditasi. Kemungkinan kita tertarik untuk lakukan hal-hal lain bertepatan dengan sesion minum kopi pada pagi hari.

Tetapi saat kita mempersembahkan waktu untuk stop sesaat walau cuman beberapa saat saat sebelum memuli hari, kata Ashbrook, itu dapat memberinya dampak terapeutik dan menentramkan. Dibanding minum kopi sekalian lakukan hal-hal lain, coba untuk menikmatikan sambil mengisap wewangiannya dan menghargakan tiap tegukan. Kegiatan ini dapat menjadi langkah untuk bersihkan pemikiran dari hal negatif yang dapat jadi memperburuk situasi hati kita.

2. Mencuci piring

Gabrielle Freire, pakar therapy perkawinan dan keluarga dari California, menjelaskan bagwa membersihkan piring ialah praktek meditasi yang termudah dilaksanakan. “Saya menyaksikan piring, saya ambil spons bersihkan piring, dan saya mengetahui lingkaran yang saya bikin di piring—lambat, gampang, dalam irama,” katanya.

Peristiwa meditasi saat membersihkan piring muncul karena kita fokus pada piring dan air, dan tidak pikirkan permasalahan yang dirasakan.

3. Mandi

Beberapa orang pikirkan hal-hal lain saat mandi. Walau sebenarnya, waktu untuk mandi dapat kita gunakan sebagai peristiwa meditasi. Supaya kegiatan mandi jadi pengalaman meditatif, simpan sabun pada tangan dan tutup mata saat bersihkan diri.

Rasakan kesan di kulit, tulang, lekuk badan. Mengambil napas dalam-dalam dan hisap wewangian sabun. Konsentrasi dari sesuatu yang kita kerjakan waktu itu. Jangan dibiarkan pemikiran mengelana ke beberapa pikiran yang perlu dilaksanakan atau tugas setiap hari.

4. Memasak

Meditasi bisa juga kita kerjakan saat mengolah. Triknya cukup fokus dari sesuatu yang betul-betul terjadi saat memasak, misalkan memperhatikan air mendidih, mengisap wewangian bumbu, atau suara dari panci. Selanjutnya, saat kita makan, sempatkan diri.

Tidak boleh makan di muka laptop, tv, atau telepon. Cicipi tiap gigitan dan kunyah seutuhnya saat sebelum menelannya.