sumber : hype.grid.id

Tips Simpan Sawi Putih Agar Tetap Segar

liputanberitaku.com–Sawi putih banyak dijual dan dibeli dalam bentuk utuh. Kalau kamu sering menyisakan irisan sawi putih atau berniat membuat sawi putih utuh dalam jumlah banyak.

Sawi putih adalah salah satu sayuran yang paling sering diolah menjadi hidangan makanan yang lezat. Perlu diketahui bahwa tidak hanya enak, sayuran ini juga merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral penting bagi tubuh.

Berikut ini cara menyimpan sawi putih dengan benar agar segar dan tekstur renyahnya tahan lama.

1. Simpan dalam kantong plastik

Ada cara simpan sawi putih utuh adalah dengan cara membungkus sawi dengan kantong plastik bersih. Simpan sawi di laci dalam lemari es. Sawi putih akan tahan hingga dua bulan lamanya.

2. Jangan dicuci

Dilansir dari All Recipes, jangan cuci sawi putih yang akan disimpan. Mencuci sawi putih bisa membuatnya cepat membusuk sehingga bisa menghilangkan vitamin C. Maka dari itu, lebih baik simpan sawi putih dalam keadaan belum di cuci. Kalau kamu merasa sawi putih yang kamu beli memiliki banyak kotoran halus di sekitarnya, kamu bisa membersihkannya menggunakan tisu dapur.

3. Simpan menjadi makanan fermentasi

Selain disimpan dalam keadaan masih mentah, kamu juga bisa menyimpan sawi putih dalam keadaan matang. Yaitu dengan cara diolah menjadi makanan fermentasi. Kamu bisa mengolah sisa sawi putih menjadi kimchi khas Korea, seperti yang dilansir dari laman Kitchen Stories. Pastinya, kamu bisa tetap menikmati sawi putih segar dengan bumbu kimchi dalam waktu yang cukup lama. Kamu juga bisa menikmati kimchi dengan aneka masakan seperti mi rebus.

4. Simpan sawi putih iris di dalam plastik zip lock

Dikutip dari Fine Cooking, kalau kamu terlanjur mengiris sawi putih, cukup simpan di dalam plastik zip lock. Pastikan kantong plastik bisa ditutup rapat. Simpan di laci dalam lemari es yang jauh dari bahan masakan berbau tajam.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel asli