Cara Mengganti Password Wi-Fi lewat Ponsel

liputanberitaku.com– Kehadiran jaringan wireless dengan router Wi-Fi menjadi hal wajar di beberapa tempat, terhitung di dalam rumah. Untuk amankannya, jaringan nirkabel umumnya diproteksi dengan Wireless Protected Acess (WPA) yang menyaratkan sandi. Keyword untuk jaringan Wi-Fi ini dapat diganti sesenang hati oleh pemilik jaringan. Triknya dengan terhubung menu management router melalui browser.

Apa mengganti sandi wifi harus lewat PC atau laptop? Jawabannya ialah tidak. Artikel kali ini akan membahas berkenaan langkah menukar sandi wifi melalui HP. Beberapa orang memang menduga mengganti sandi harus lewat PC. Tapi sebetulnya dapat dilaksanakan melalui browser di HP loh.

Sandi wifi sebagai pengaturan yang penting di mana penguna bisa batasi piranti yang tersambung dengan wifi. Makin banyak yang tersambung, karena itu signal akan makin lelet. Karena telah banyak orang yang ketahui sandi itu atau pemakai ilegal. Untuk menanggulanginya, ganti sandi wifi secara periodik.

Selainnya computer, piranti mobile seperti handphone dan tablet juga dapat digunakan untuk kepentingan itu, baik yang memakai mekanisme operasi iOS atau Android. Secara lengkap, silahkan turuti beberapa langkah yang diringkas oleh KompasTekno di bawah ini.

Langkah menukar sandi Wi-Fi melalui handphone:

1. Yakinkan handphone atau tablet yang Anda pakai telah tersambung ke jaringan Wi-Fi.

2. Membuka browser melalui piranti Anda, lalu masukan alamat IP router (Contoh: 192.168.0.1.) di kolom URL. Alamat IP standar dari router ini dapat berbeda bergantung merk. Alamat IP router Wi-Fi, berikut nama jaringan (SSID) dan username dan sandi admin untuk masuk pada menu management umumnya tercantum di cap disamping bawah piranti router.

Selainnya dari cap di fisik piranti router, Anda bisa juga cari keterangan-keterangan itu dengan lakukan browsing di internet.

3. Sesudah masukkan alamat IP router, Anda akan disongsong teras menu management yang berisi kolom username dan sandi admin. Bila belum diganti, anda dapat masukkan nama dan keyword admin dari cap info router barusan.

Jika username dan sandi admin sudah diganti dan Anda tidak dapat mengingatnya, router dapat dibalikkan ke seting standar dengan memencet tombol reset di piranti yang berkaitan.

4. Sesudah masuk pada menu management router, mencari setel Wireless Network. Istilah seting ini dapat berbeda antara router, tetapi umumnya ada di sisi “wireless”. Mencari penataan untuk keamanannya. Untuk router TP-Link, seting diartikan ada di menu Wireless > Wireless Ssecurity.

5. Di sini Anda akan mendapati kolom sandi. Silahkan masukan password baru yang diinginkan.

6. Untuk menukar sandi wifi anda, silakan isi password baru pada kolom “Wireless Sandi”.

7. Bila sandi telah Anda ganti, silakan pencet tombol “Save” untuk memulai mengaplikasikan sandi baru.

8. Secara automatis, jaringan Wi-Fi Anda telah aktif kembali dengan sandi baru.

9. Perlu dicatat, piranti-perangkat yang awalnya telah tersambung ke Wi-Fi dengan sandi lama akan terputus jaringannya dan harus terhubung kembali dengan masukkan sandi baru.