sumber : harapanrakyat

Cara Mengganti Password Wi-Fi lewat Ponsel

liputanberitaku.com–Keberadaan jaringan wireless dengan router Wi-Fi sudah menjadi hal lumrah di berbagai tempat, termasuk di rumah.

Untuk mengamankannya, jaringan nirkabel biasanya dilindungi dengan Wireless Protected Acess (WPA) yang mensyaratkan password. Kata kunci untuk jaringan Wi-Fi ini bisa diubah sesuka hati oleh pemilik jaringan. Caranya adalah dengan mengakses menu manajemen router lewat browser.

Selain komputer, perangkat mobile seperti smartphone dan tablet pun bisa dipakai untuk keperluan tersebut, baik yang menggunakan sistem operasi iOS ataupun Android. Selengkapnya, silakan ikuti langkah-langkah yang dirangkum oleh KompasTekno berikut ini.

Cara mengganti password Wi-Fi lewat ponsel:

1. Pastikan smartphone atau tablet yang Anda gunakan sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi.

2. Buka browser lewat perangkat Anda, lalu masukkan alamat IP router (Contoh: 192.168.0.1.) di kolom URL. Alamat IP default dari router ini bisa berbeda-beda tergantung merek. Alamat IP router Wi-Fi, berikut nama jaringan (SSID) serta username dan password admin untuk masuk ke menu manajemen biasanya tertera di label di sisi bawah perangkat router.

Selain dari label di fisik perangkat router, Anda juga bisa mencari keterangan-keterangan tersebut dengan melakukan searching di internet.

3. Setelah memasukkan alamat IP router, Anda akan disambut beranda menu manajemen yang berisi kolom username dan password admin. Jika belum diubah, anda bisa memasukkan nama dan kata kunci admin dari label keterangan router tadi.

Apabila username dan password admin telah diubah dan Anda tidak bisa mengingatnya, router bisa dikembalikan ke setting default dengan cara menekan tombol reset di perangkat yang bersangkutan.

4. Setelah masuk ke menu manajemen router, cari setelan Wireless Network. Istilah setting ini bisa berbeda-beda antar router, tapi biasanya berada di bagian “wireless”. Cari pengaturan untuk sekuritinya. Untuk router TP-Link, setting dimaksud berada di menu Wireless > Wireless Ssecurity.

5. Di sini Anda akan menemukan kolom password. Silakan masukkan kata sandi baru yang dikehendaki.

6. Untuk mengganti password wifi anda, silahkan isi kata sandi baru pada kolom “Wireless Password”.

7. Jika password sudah Anda ubah, silahkan tekan tombol “Save” untuk mulai menerapkan password baru.

8. Secara otomatis, jaringan Wi-Fi Anda sudah aktif kembali dengan password baru.

9. Perlu dicatat, perangkat-perangkat yang sebelumnya sudah terhubung ke Wi-Fi dengan password lama akan terputus koneksinya dan harus tersambung kembali dengan memasukkan password baru.

 

 

 

 

 

 

Artikel asli

Kata Pencarianalat memperkuat sinyal wifi indihome,alat untuk memperluas jaringan wifi indihome,apakah pembayaran wifi indihome tergantung pemakaian,apakah wifi indihome bisa dimatikan,apk bobol wifi alat penguat sinyal wifi cara merubah password wifi manage wifi xl home wifi aplikasi hack wifi telkomsel wifi modem wifi terbaik modem wifi terbaik mater wifi,aplikasi cek pengguna wifi indihome,aplikasi hack wifi indihome,aplikasi pengaman wifi indihome,apn wifi indihome,bayar wifi indihome lewat atm