Perbedaan Masker KN95, KF94, N95

liputanberitaku.com– Memakai masker berkualitas secara betul adalah langkah khusus menahan penyebaran Covid-19. Selain masker kain dan klinis, terakhir jamak dipasarkan masker tipe KN95, KF94, N95.

Masker bisa membuat perlindungan seorang yang belum terkena virus corona, sekalian menahan pasien menebarkan virus corona dan penyakit yang menyebar melalui udara yang lain. Ditambah di tengah-tengah menyebarnya virus corona variasi delta yang lebih mudah menyebar dan lebih memiliki gejala.

Di tengah-tengah makin merebaknya Covid-19, beberapa ahli kesehatan sering mengatakan supaya khalayak menggunakan masker dobel (klinis dan kain), atau masker berkualitas yang dapat memberinya perlindungan semakin tinggi. Khususnya saat seorang mau tak mau keluar dari rumah dan ada di ruangan tertutup (indoor), transportasi khalayak, atau ada di keramaian yang susah untuk menjaga jarak lebih satu mtr. dengan orang sekeliling.

Berikut perbedaan masker KN95, KF94, N95 yang penting Anda kenali.

Masker KN95

Masker KN95 ialah masker yang di-claim dapat memfilter partikel aerosol sampai 95 %. Masker ini bisa dipakai warga umum, khususnya saat ada di lingkungan beresiko penyebaran rendah sampai sedang. Masker KN95 memiliki bentuk direncanakan serupa tenda, hingga sedikit ada kantong udara di antara hidung dan masker. Masker ini lebih gampang untuk bernapas dan tidak begitu memengapkan saat dipakai.

Walau di-claim mempunyai kekuatan penyaringan sampai 95 %, tetapi beberapa kewenangan kesehatan memandang masker ini tidak seefektif masker N95. Tetapi, di luar pemakaian untuk tenaga medis atau orang yang beresiko tinggi hadapi Covid-19, warga masih tetap dapat ambil faedah dari pemakaian masker ini. Bahkan juga, masker KN95 disebutkan lebih defensif dan ringkas dibanding masker bedah biasa atau masker kain tiga lapis.

Masker KF94

Masker KF94 ialah masker yang diklaim sanggup memfilter partikel aerosol sampai 94 %. Seperti masker KN95, masker KF94 dapat dipakai warga umum, khususnya saat ada di lingkungan beresiko penyebaran rendah sampai sedang. Istilah “KF” dalam masker KF94 ringkasan dari “Korean filter” atau filter Korea.

Dan angka 94 merujuk di tingkat penyaringan atau penyaringan masker. Menurut standard Korea Selatan atau di negara aslinya, masker ini dapat memfilter 94 % partikel sampai ukuran 0,3 mikron. Masker ini diperlengkapi feature pengait telinga, kawat di atas tulang hidung yang dapat disamakan, dan sisi samping masker yang lebih rapat. Seperti masker KN95, masker KF94 lebih defensif dan ringkas dibanding masker biasa atau masker kain.

Masker N95

Masker N95 ialah masker klinis yang dapat memfilter partikel aerosol sampai 95 %. Masker ini bisa memfilter partikel sampai ukuran 0,3 mikron. Walau partikel virus corona (SARS-CoV-2) ukuran sekitaran 0,1 mikron, tetapi partikel virus umumnya melekat pada suatu hal yang semakin besar seperti droplet. Masker N95 diutamakan untuk petugas kesehatan atau orang yang berdiri di garda depan untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Masker dengan pelindungan tinggi ini direncanakan dapat sangat dekat saat dipakai. N95 diperlengkapi dengan feature ikat kepala plastis, dan segel logam yang dapat disamakan di atas hidung.